KHAIRINA HASYYATI ISMA, 1725143143 (2018) PENGARUH METODE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS III DI MI NEGERI 9 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (751kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Khairina Hasyyati Isma . 1725143143. 2018 , Pengaruh Metode Make a Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas III di MI Negeri 9 Blitar, dibimbing oleh Bapak Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Make a Match, Motivasi belajar, Hasil Belajar, SKI Peran pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan sendiri dapat diartikan sebagai salah satu bidang kehidupan yang menunjang terciptanya generasi penerus bangsa yang kompeten. Pembelajaran yang monoton dan tidak melibatkan siswa secara aktif dalam aktifitas belajar cenderung membuat siswa bermalas-malasan dan tidak menunjukkan sikap ketertarikan terhadap mata pelajaran yang disampaikan. Apabila kondisi yang memprihatinkan tersebut dibiarkan, maka dapat menyebabkan otak peserta didik menjadi tumpul dan rendah kemampuan berfikir kritis dengan demikian aplikasi sebuah metode belajar menempati peranan yang tidak kalah pentingnya dari komponen lainnya dalam kegiatan belajar mengajar. Dari permasalahan tersebut, penulis mencoba untuk meneliti mengenai Pengaruh Metode Make a Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas III di MI Negeri 9 Blitar. Adapun tujuannya dari penelitan yang dilakuakan ialah : (1) Untuk mengetahui pengaruh metode make a match terhadap motivasi belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas III di MI Negeri 9 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode make a match terhadap hasil belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas III di MI Negeri 9 Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas III di MI Negeri 9 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di MI Negeri 9 Blitar Desa Slemanan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA yang dimana Variabel terikat pada penelitian ini metode pembelajaran make a match, sedangkan variabel bebasnya yakni motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Metode Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi Belajar SKI Siswa Kelas III MI Negeri 9 Blitar tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Dimana signifikansi < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik motivasi belajar siswa terhadap pelajaran SKI setelah menggunakan metode pembelajaran make a match. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran make a match terhadap hasil belajar SKI siswa kelas III MI Negeri 9 Blitar tahun ajaran 207/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Dimana signifikansi < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik hasil belajar siswa terhadap pelajara SKI khusunya materi mengetahui bukti – bukti kerasulan Nabi Muhammad setelah menggunakan metode pembelajaran make a match. (3) Ada pengaruh yang signifikanantara metode pembelajaran make a match terhadap motivasi dan hasil belajar SKI siswa kelas III MI Negeri 9 Blitar tahun ajaran 207/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143143 KHAIRINA HASYYATI ISMA |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 06:59 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8204 |
Actions (login required)
View Item |