Penerapan Pendidikan Shalat Fardhu pada Anak dalam Lingkungan Keluarga Siswa Kelas V SDN Sidem II Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Mujayin, Ahmad (2012) Penerapan Pendidikan Shalat Fardhu pada Anak dalam Lingkungan Keluarga Siswa Kelas V SDN Sidem II Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (111kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Penerapan Pendidikan Shalat Fardhu Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga Dizaman globalisasi ini, peradaban suatu masyarakat akan semakin bertambah banyak, dengan begitu masalah yang harus dihadapi secara otomatis akan bertambah banyak pula, termasuk dalam bidang pendidikan. Kesadaran akan munculnya berbagai persoalan yang akan dihadapi dalam masyarakat, maka sebagai keluarga (orang tua) yang sangat berpengaruh terhadap anak-anaknya berinisiatif dan mencari sebuah trobosan baru untuk memberikan pendidikan kepada anaknya sedini mungkin, yaitu melalui pendidikan agama untuk pondasi anaknya kelak, diantaranya adalah pendidikan shalat fardhu pada anak sejak dini. Hasil dari paparan di atas, maka penulis dalam penelitian ini memfokuskan penelitian pada: 1) Bagaimana pelaksanaan shalat fardhu anak dalam lingkungan keluarga siswa kelas V SDN Sidem II Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung?, 2) Apa kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan shalat fardhu pada anak dalam lingkungan keluarga siswa kelas V SDN Sidem II Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung?, 3) Apa upaya yang dilakukan keluarga siswa untuk menghadapi kendala tersebut? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan dan menjabarkan data-data yang diperoleh dari informan dalam penelitian. Metode tersebut dimaksudkan untuk memperoleh data informasi dan data menurut situasi sekarang, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah melalui observasi, dan wawancara. Analisis data penelitian mencakup analisis data selama pengumpulannya, dan analisis data setelah selesai proses pengumpulan datanya dengan prosedur keabsahan data melalui perpanjangan waktu kehadiran, triangulasi dan pembahasan sejawat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan shalat fardhu anak dalam lingkungan keluarga, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan shalat fardhu pada anak, dan upaya yang dilakukan keluarga untuk mengadapi kendala tersebut. Sedangkan manfaat penelitian tentang Pendidikan Shalat Fardhu pada Anak dalam Lingkungan Keluarga Siswa Kelas V SDN Sidem II Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung ini: 1) Bagi para orang tua dapat menambah wawasan dan informasi tentang pentingnya penerapan pendidikan shalat fardhu pada anak sejak dini, 2) Bagi para peneliti masalah pendidikan shalat fardhu pada anak, sebagai bahan pertimbangan dalam solusi problem pendidikan lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan shalat fardhu pada anak dalam lingkungan keluarga siswa kelas V SDN Sidem II Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung cukup baik, yang masih kuarang adalah disiplin waktu. Kendala yang dihadapi para orang tua yaitu masalah ekonomi yang kurang menguntugkan, sehingga waktu untuk bersama anak-anak serta mengontrol shalatnya kurang sekali. Sedangkan untuk mengatasi kendala atau hambatan tersebut para orang tua memasukan anak-anaknya kelembaga pendidikan agama seperti pondok pesantern dan TPQ, supaya mereka bisa lebih memantapkan dalam pendidikan agama terutama pendidikan shalat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 07:13
Last Modified: 26 Jan 2015 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item