KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 REJOAGUNG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

FAISAL NURDIANTORO, 2817133048 (2018) KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 REJOAGUNG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurdiantoro, Faisal 2017. Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 3 Rejoagung Kedunwaru Tulungagung. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Program Sarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Matematika Dalam proses belajar disekolah, masing-masing peserta didik memiliki beragam potensi dan kecerdasan. Dalam hal ini, ada peserta didik yang dinilai mengalami kesulitan dalam belajarnya. Dengan adanya kesulitan belajar yang dialami peserta didik , guru harus menghadapi dan menemukan solusi untuk permasalahan yang dialami peserta didik. Untuk itu penulis tertarik meneliti jenis-jenis atau bentuk-bentuk dan penyebab kesulitan peserta didik serta upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Matematika dalam materi Luas Gabungan Bangun Datar SD Negeri 3 Rejoagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi bentuk kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika materi materi Luas Gabungan Bangun Datar peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Rejoagung Kedungwaru Tulungagung, 2) Menganalisis penyebab kesulitan belajar peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran matematika materi Luas Gabungan Bangun Datar peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Rejoagung Kedungwaru Tulungagung, 3) mengidentifikasi upaya untuk mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran matematika materi Luas Gabungan Bangun Datar peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Rejoagung Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif melalui data yang diperoleh dari observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai bentuk-bentuk kesulitan belajar, Metode Wawancara digunakan untuk memperoleh data mengenai penyebab-penyebab kesulitan belajar dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar. Dukumentasi digunakan untuk memperoleh data saat melakukan penelitian sebagai arsip. Subyek penelitian peserta didik yng mengalami kesulitan pada ketiga peserta didik yaitu DR,NIK,MRIP, Lokasi penelitan ini adalah di SD Negeri 3 Rejoagung. Teknik pengolahan keabsahan data dalam penelitian ini mengunakana Triangulasi merupakan teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber yang telah ada, Peneliti mengumpulkan data dari beberapa gabungan metode wawancara, test, dokumentasi dan observasi dari sember yang telah ada untuk peningkatan pemahaman peneliti terhadap apa yang telah ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami peserta didik antara lain peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan hasil bangun datar yang sudah digabungkan, persepsi peserta didik untuk memecah bangun datar masih sedikit, dapat dikatakan peserta didik belum mampu memahami konsep penyelesaian Luas Gabungan Bangun Datar, peserta didik kelas IV beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan rumus bangun datar, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami operasi hitung perkalian yaitu operasi perkalian pecahan. 2) faktor penyebab-penyebab kesulitan peserta didik antara lain faktor yang berasal dari diri peserta didik yaitu kurangnya ketertarikan peserta didik dalam belajar, peserta didik yang kurang berminat belajar Matematika, peserta didik yang motivasi belajar rendah, serta peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan guru. Faktor dari luar yaitu kurangnya perhatian orang tua terhadap belajar anak. Faktor dari guru yaitu guru yang tidak tersenyum kepada peserta didik serta nada bicara yang seringtinggi (marah) saat menjelaskan materi. 3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta dididik dengan cara guru membimbing satu persatu peserta didik untuk mengerjakannya, Setelah mengerjakan soal, guru membahas bersama-sama soal tersebut, dan mengulangi penjelasan materi, dan diakhir pembelajaran guru juga menekankan kembali agar peserta didik menghafal operasi hitung perkalian sampai hafal dan memberikan motivasi, peneliti mencoba untuk memberi pemahaman kepada peserta didik dengan pendekatan individu dan akhirnya bisa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133048 FAISAL NURDIANTORO
Date Deposited: 06 Jul 2018 02:17
Last Modified: 06 Jul 2018 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8232

Actions (login required)

View Item View Item