UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SDIT BAITUL QUR’AN MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

BADIATUN MUNIROH, 1725143040 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SDIT BAITUL QUR’AN MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (757kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Badiatun Muniroh, 1725143040, 2018 ‘‘Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Upaya Guru, Meningkatkan Kedisiplinan Kedisiplinan Adalah kebiasaan manusia yang taat akan segala aturan, disiplin waktu dan disiplin berperilaku, tidak semua orang bisa berdisiplin masih banyak yang lalai akan perilaku disiplin tersebut, terutama para siswa disekolah, karena perilaku disiplin adalah salah satu perihal paling penting untuk semua siswa dalam mentaati peraturan disekolah, sekolah dan guru selalu memberikan upaya agar semua siswa dapat berdisiplin tidak hanya disekolah tetapi dirumah dan dimasyarakat dengan metode pembiasaan disekolah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah: (1) Bagaimana Upaya Guru dalam meningkatkan Kedisiplinan siswa SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana Hambatan dalam meningkatkan Kedisiplinan siswa SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?(3)Bagaimana Implikasi dari Upaya Guru dalam meningkatkan Kedisiplinan siswa SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif Fenomenologi dan jenis Penelitian Deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan dengan tekhnik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Pengujian Credability, pengujian Transferability, pengujian Debenability, Pengujian Confirmability Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan: (1) Upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah sebagai berikut : (a) Masuk sekolah tepat waktu. (b) Memakai seragam lengkap. (c) Pembiasaan sholat dhuha. (d)Pembiasaan sholat dzuhur berjamaah (e) Tahfidz dan Tahsin. (f)Pemberian motivasi. (g)Pemberian penghargaan (Reward) dan hukuman (Panishment). (2) Setiap upaya ataupun usaha pastilah mengalami hambatan seperti upaya yang dilakukan guru dalam mendisiplinkan siswa juga mengalami beberapa hambatan seperti kurang adanya kesadaran dari para siswa untuk berdisiplin, tidak adanya rasa tanggung jawab siswa ketika tidak disiplin disekolah.faktor utamanya adalah siswa itu sendiri serta hambatan dari pihak orang tua karena kurang adanya dukungan kepada siswa agar bisa sepenuhnya berdisiplin mentaati peraturan sekolah (3) Implikasi dari Upaya guru ialah adanya perubahan yang terjadi pada diri siswa dilihat dari siswa kelas bawah yaitu kelas I dari pada pertama masuk sekolah dengan sekarang yang sudah diberikan upaya dari guru mengalami perubahan yang signifikan walaupun belum 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143040 BADIATUN MUNIROH
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:50
Last Modified: 21 Aug 2018 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8248

Actions (login required)

View Item View Item