PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MIN KUNIR WONODADI BLITAR

AGNES IKA NURLAILI, 1725143005 (2018) PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MIN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MIN Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Agnes Ika Nurlaili, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, NIM.1725143005, dengan dosen pembimbing Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci : Motivasi, Kecerdasan Emosional, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai masalah yang ada dalam proses belajar siswa. Permasalahan tersebut dapat berasal dari luar maupun dari dalam diri siswa. Sehingga Dibutuhkan kepribadian yang cerdas serta dorongan untuk dapat menghadapi berbagai macam masalah yang ada dalam proses belajar. Motivasi merupakan dorongan untuk melakukan aktivitas. Kecerdasan emosional merupakan konsep mengenai bagaimana seseorang dapat meningkatkan kualitas kepribadianya. Dengan kecerdasan emosional dan motivasi seseorang akan mampu menghadapi masalah dalam proses belajar sehingga akan memberikan pengaruh pada hasil belajar yang diraih di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Adakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar peserta didik MIN Kunir Wonodadi Blitar tahun ajaran 2017/2018?; 2) Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik MIN Kunir Wonodadi Blitar tahun ajaran 2017/2018?; 3) Adakah pengaruh motivasi dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik MIN Kunir Wonodadi Blitar tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket dan data sekunder dari nilai Ujian Tengah Semester (UTS) yang diperoleh dari guru kelas, profil sekolah, dan informasi jumlah peserta didik . Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel motivasi dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik MIN Kunir Wonodadi Blitar, digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar di MIN Kunir Wonodadi Blitar tahun ajaran 2017/2018. Dengan hasil signifikan 5,652 > 2,042 α = 0,05 sign = 0,009, maka H0 ditolak dan Ha diterima; 2) Ada pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar di MIN Kunir Wonodadi Blitar tahun ajaran 2017/2018. Dengan hasil signifikan 8,240 > 2,042 α = 0,05 sign = 0,012, maka H0 ditolak dan Ha diterima ; 3) Ada pengaruh motivasi dan tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar di MIN Kunir Wonodadi Blitar tahun ajaran 2017/2018. Dengan hasil signifikan 73,206>3,33 α = 0,05 sign = 0,025, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kecerdasan emosional mampu mempengaruhi hasil belajar siswa MIN Kunir Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143005 AGNES IKA NURLAILI
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:30
Last Modified: 09 Jul 2018 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8250

Actions (login required)

View Item View Item