Mochammad Alwi, 1725143179 (2018) Partispasi Komite Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di MIN 14 Kabupaten Blitar. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (174kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (66kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Mochammad Alwi, 1725143179, Partisipasi Komite Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di MIN 14 Kabupaten Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Partisipasi Komite Madrasah, Mutu Pendidikan Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena pada era otonomi daerah, telah membawa berbagai perubahan di segala kehidupan masyarakat. Perubahan yang dimaksud salah satunya adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan berbagai program pemerintah, khususnya di dalam pengembangan mutu pendidikan. Salah satu wadah yang dapat mengakomodasi pandangan, aspirasi, dan menggali potensi masyarakat untuk tercapainya peningkatan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan adalah komite madrasah. Wadah ini dibentuk sebagai konsekuensi dari meningkatnya kompleksitas organisasi dalam satuan pendidikan, selain itu juga dalam rangka memaksimalkan peran serta dan fungsi komite madrasah untuk memberikan kontribusi dan ikut bertanggung jawab pada keberhasilan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan partisipasi komite madrasah sebagai badan pertimbangan, (2) Untuk medeskripsikan partisipasi komite madrasah sebagai badan pendukung, (3) Untuk memaparkan partisipasi komite madrasah sebagai badan pengontrol, (4) Untuk medeskripsikan partisipasi komite madrasah sebagai badan penghubung dalam pengembangan mutu pendidikan di MIN 14 Blitar. Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, (3) Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (4) Pengecekan keabsahan data pada penelitan ini meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Partisipasi komite madrasah sebagai badan pertimbangan meliputi: memberikan pertimbangan terhadap penyediaan dan penggunaan sarana prasarana yang dibutuhkan oleh madrasah, memberikan pertimbangan terhadap pengelolaan pendidikan, memberikan pertimbangan tentang kurikulum khususnya pelajaran muatan lokal, memberikan pertimbangan terhadap kompetensi peserta didik, (2) Partisipasi komite madrasah sebagai badan pendukung meliputi: memberikan dukungan mencarikan dana/pendanaan, memberikan dukungan dalam pengelolaan sarana dan prasarana, pemantauan pada kondisi tenaga pendidik di madrasah, (3) Partisipasi komite madrasah sebagai badan pengontrol meliputi hal-hal berikut: pengawasan proses pengambilan kebijakan, pengontrol transparansi penggunaan dana pendidikan, (4) Partisipasi komite madrasah sebagai badan penghubung meliputi: sebagai penghubung antara madrasah dengan wali peserta didik dan masyarakat, menampung aspirasi masyarakat, penghubung dengan pihak lain yang dapat membantu pengembangan mutu pendidikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12505184024 MOCHAMMAD ALWI |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 02:46 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8263 |
Available Versions of this Item
- Partispasi Komite Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di MIN 14 Kabupaten Blitar. (deposited 16 Jul 2018 02:46) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |