PROFIL KONSTRUKSI SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA PESERTA OLIMPIADE TINGKAT SMA/MA DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

ROFIDATUL AZIZAH, 1724143213 (2018) PROFIL KONSTRUKSI SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA PESERTA OLIMPIADE TINGKAT SMA/MA DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Konstruksi Soal Cerita Matematika Siswa Peserta Olimpiade Tingkat SMA/MA di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rofidatul Azizah, NIM. 1724143213, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruann Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Konstruksi Soal, Soal Cerita Matematika, dan Peserta Olimpiade Pendidikan mempunyai peran yang penting dalam kehidupan manusia, begitu pula matematika. Pembelajaran matematika di kelas masih banyak menekankan pemahaman siswa tanpa melibatkan kemampuan siswa dalam mengkonstruk pendapat atau pemahamannya sendiri terhadap konsep matematika. Dalam hal ini, pemahaman konsep perlu ditanamkan kepada siswa untuk melatih mereka dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematika terutama dalam hal pemecahan masalah. Kesulitan dalam pemecahan masalah yang sering dialami siswa adalah soal cerita. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita adalah setiap siswa diminta mengajukan atau mengkonstruksi soal. Konstruksi soal atau pengajuan soal yaitu perumusan soal berdasarkan informasi yang diberikan. Dalam hal ini, salah satu pemecah masalah yang baik adalah siswa peserta olimpiade. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil konstruksi soal cerita matematika siswa peserta olimpiade tingkat SMA/MA di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana profil konstruksi soal cerita matematika siswa bukan peserta olimpiade tingkat SMA/MA di MA Darul Huda Wonodadi Blitar?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan profil konstruksi soal cerita matematika siswa peserta olimpiade tingkat SMA/MA di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan profil konstruksi soal cerita matematika siswa bukan peserta olimpiade tingkat SMA/MA di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MA Darul Huda Blitar dengan subjek sebanyak 4 siswa (2 siswa peserta olimpiade dan 2 siswa bukan peserta olimpiade). Data yang diperoleh berupa data hasil tes konstruksi soal cerita matematika dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa peserta olimpiade dapat mereformulasi masalah dalam mengkonstruksi soal cerita berdasarkan informasi yang disediakan, ia juga dapat merekonstruksi masalah dalam mengkonstruksi soal cerita dengan memodifikasi informasi yang diberikan tanpa mengubah maksud dari informasi yang diberikan dan ia juga mampu menyelesaikan pengkonstruksian soal dengan menggunakan satu prosedur penyelesaian serta mampu mengimitasi masalah dalam mengkonstruksi soal cerita dengan mengkaitkan dalam kehidupan nyata dan menganggap masalah awal atau informasi yang diberikan sebagai langkah pertama dari penyelesaian masalah baru. Siswa bukan peserta olimpiade dapat mereformulasi masalah dalam mengkonstruksi soal cerita dengan menggunakan informasi yang disediakan, hanya saja ia belum mampu merekonstruksi masalah dalam mengkonstruksi soal cerita yaitu memodifikasi informasi yang diberikan tanpa mengubah maksud dari informasi yang diberikan, ia mampu mengkonstruksi soal cerita menggunakan satu prosedur penyelesaian, serta siswa belum mampu mengimitasi masalah dalam mengkonstruksi soal cerita yaitu menganggap masalah awal atau informasi yang diberikan sebagai langkah pertama dari penyelesaian masalah baru atau siswa hanya menggunakan satu prosedur penyelesaian, serta ia dapat mengkonstruksi soal cerita dengan mengkaitkan dalam kehidupan nyata.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143213 ROFIDATUL AZIZAH
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:45
Last Modified: 26 Jul 2018 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8280

Actions (login required)

View Item View Item