KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS PADA KELAS X MIPA 3 SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

ULFI FATIMATUL MUAMANAH, 1724143251 (2018) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS PADA KELAS X MIPA 3 SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ulfi Fatimatul Muamanah, 1724143251. 2018. “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Gaya Kognitif Reflektif Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi dan Invers pada Kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ngunut Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Representasi Matematis, Gaya Kognitif Relektif, Fungsi Komposisi dan Invers Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada umumnya masih tergolong rendah. Sedangkan kemampuan representasi matematis merupakan salah satu unsur penting dalam proses belajar matematika. Kemampuan representasi matematis mencerminkan berbagai ketrampilan siswa dalam menyelesaikan masalah. Siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerima pelajaran yang disampaikan guru, yang erat kaitannya dengan gaya kognitif. Salah satunya yaitu gaya kognitif reflektif. Penting bagi guru untuk mengetahui perkembangan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif sehingga guru mampu menentukan strategi yang tepat dalam memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan kemampuan representasi matematis siswanya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan invers. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa siswi kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes gaya kognitif, tes tulis, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Siswa berkemampuan matematika tinggi dengan gaya kognitif reflektif memenuhi semua indikator pada representasi matematis, yaitu representasi visual dan representasi persamaan atau ekspresi matematis. 2) Siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi 1 indikator representasi matematis yaitu representasi visual. 3) Siswa berkemampuan matematika rendah memenuhi 1 indikator representasi matematis yaitu representasi persamaan atau ekspresi matematis. Penelitian ini hanya mengungkapkan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan invers dengan gaya kognitif reflektif berdasarkan kemampuan matematika siswa, sehingga untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat mengungkapkan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif berdasarkan kemampuan matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143251 ULFI FATIMATUL MUAMANAH
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:02
Last Modified: 20 Jul 2018 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8291

Actions (login required)

View Item View Item