STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI DI SEKOLAH RUNGROTE WITTAYA (PATANI SELATAN THAILAND)

PHONCHALASAI SORNPRASIT, 1725143234 (2018) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI DI SEKOLAH RUNGROTE WITTAYA (PATANI SELATAN THAILAND). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih dalam Meningkatkan Pemahaman Materi di sekolah Rungrote Wittaya (Patani Selatan Thailand), disusun oleh Phonchalasai Sornprasit, NIM. 1725143234, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Bapak Dr. Mohammad Jazeri, M.Pd. Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru Fiqih dalam Meningkatkan Pemahaman Materi di Sekolah Rungrote Wittaya (Patani Selatan Thailand). Strategi guru bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pelajaran pendidikan agama Islam yang disampaikan guru dalam proses belajar mengajar. Adapun pokok bahasan yang menjadi fokus penulis skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi (2) Bagaimana strategi Pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi (3) Bagaimana evaluai strategi guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi di sekolah Rungrote Wittaya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi Perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi (2) Strategi Pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi (3) Evaluasi Strategi guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi di Sekolah Rungrote Wittaya. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang telah diterima di bangku kuliah dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa dan mengumpilkan hasil data yang ada sehingga mengetahui strategi guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi di Sekolah Rungrote Wittaya. Bagi almamater, hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan atau masukan dalam rangka menyempurnakan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di Sekolah Rungrote Wittaya. Untuk tahun-tahun berikutnya yang lebih baik. Bagi penelitian selanjutnya, yang lebih mendalam tentang permasalah-permasalahan sepajang berkaitan dengannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Rungrote Wittaya. Sumber data yang digunakan berasal dari Guru Pendidikan Agama Islam, Kepsek, Waka Kurikulum, Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasar hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penyusunan perencanaan pembelajaran oleh guru fiqih yang berpedoman pada silabus yang ada dalam Kurikulum Thailand Pendidikan Agama Islam yaitu dalam membuat persiapan mengajar harus mencakup persiapan terhadap situasi umum dan terhadap murid yang akan dihadapi, persiapan dalam tujuan yang hendak dicapai, persiapan metode mengajar yang digunakan, perencanaan pembelajaran dapat menjadi acuan dan dasar pelaksanaan pembelajaran di xiv dalam kelas sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara sistematis, (2) pelaksanaan pembelajaran yaitu penyusunan program pembelajaran oleh guru fiqih dengan format perencanaan yang di buat, pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Untuk itu ketika mengajar guru harus berpedoman pada rencana pengajaran awal sehingga pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun dan (3) teknik evaluasi yang ada di Pembelajaran fiqih di Sekolah Rungrote Wittaya yaitu testulis, tanyajawab, dan tanggapan siswa terkait materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143234 PHONCHALASAI SORNPRASIT
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:29
Last Modified: 16 Jul 2018 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item View Item