YOGA SUKMA HANGGARA, 1724143267 (2018) ANALISIS PROSES BERPIKIR KONSEPTUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS VII-B MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Proses Berpikir Konseptual dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Gender pada Siswa Kelas VII-B MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Yoga Sukma Hanggara, NIM. 1724143267, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruann Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir Konseptual, Gender, Menyelesaikan Soal Pendidikan merupakan upaya penting untuk mengembangkan potensi diri dalam penguasaan ilmu. Salah satu disiplin ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam kehidupan dan erat dengan dunia pendidikan adalah matematika. Tugas pokok pendidikan matematika ialah menjelaskan proses berpikir siswa dalam mempelajari matematika dengan tujuan memperbaiki pengajaran matematika di sekolah. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal adalah dengan menggunakan proses berpikir konseptual dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam hal ini, antara siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki proses berpikir yang berbedas-beda dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir konseptual antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal perbandingan di kelas VII-B MTsN 8 Tulungagung. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Subjek yang dipilih 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian di kelas VII-B MTsN 8 Tulungagung, diketahui proses berpikir konseptual siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal perbandingan memenuhi semua indikator proses berpikir konsetual yaitu: (a) mampu mengungkapkan apa yang diketahui untuk digunakan dalam menyelesaikan soal, (b) mampu mengungkapkan apa yang ditanya dalam soal, (c) mampu membuat rencana penyelesaian dengan lengkap, (d) mampu menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal menggunakan konsep yang pernah dipelajari, dan (e) mampu memperbaiki jawaban. Sedangkan proses berpikir konseptual siswa perempuan dalam menyelesaikan soal perbandingan memenuhi 4 dari 5 indikator proses berpikir konseptual yaitu: (a) mampu mengungkapkan apa yang diketahui untuk digunakan dalam menyelesaikan soal, (b) mampu mengungkapkan apa yang ditanya dalam soal, (c) mampu menjelaskan langkahlangkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal menggunakan konsep yang pernah dipelajari, dan (d) mampu memperbaiki jawaban. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan informasi untuk membuat penelitian yang lebih luas tentang proses berpikir konseptual siswa dalam menyelesaikan masalah, dengan karakteristik yang berbeda dan materi yang berbeda.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143267 YOGA SUKMA HANGGARA |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 03:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8300 |
Actions (login required)
View Item |