PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NAFIDATUN NADHIROH, 2817133117 (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nafidatun Nadhiroh, 2817133117, Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), IAIN Tulungagung,Pembimbing : Bapak Drs. H.Timbul M.Pd. Kata Kunci:Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar Fenomena hasil belajar peserta didik yang rendah karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional di mana guru lebih aktif menjelaskan dan peserta didik hanya mendengarkan. Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan membuat peserta didik lebih aktif dapat menggunakan model discovery learning. Discovery learning adalah suatu cara mengajar yang melibatkan peserta didik dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan diskusi, seminar, membaca sendiri dan mencoba sendiri agar anak dapat belajar sendiri. Penggunaan teknik discovery ini guru berusaha meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap motivasi belajar Fikihpeserta didikmateri Sholat Idainkelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar Fikihpeserta didikmateri Sholat Idain kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran.3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar Fikihpeserta didikmateri Sholat Idain kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran.. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar Fikihpeserta didikmateri Sholat Idain kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah peserta didik kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran berjumlah 99peserta didik, teknik samplingnya adalah simple random sampling, sampelnya peserta didik kelas IV B berjumlah 28 dan IV C berjumlah 26, metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, tes dan angket, analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahuibahwa Ada pengaruh model Discovery Learning terhadap motivasi belajar fikih peserta didik materi Sholat Idain kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Hal ini berdasarkan pada pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test, diperoleh nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133117 NAFIDATUN NADHIROH
Date Deposited: 13 Jul 2018 03:14
Last Modified: 13 Jul 2018 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8312

Actions (login required)

View Item View Item