UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) PESERTA DIDIK DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

NILNA NURLAILATUS SAADAH, 1721143307 (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) PESERTA DIDIK DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Peserta Didik di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Nilna Nurlailatus Saadah, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 1721143307 Tahun 2018 dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan Islam. Seorang pendidik diharapkan mampu mengajarkan nilai-nilai keagamaan tidak sekedar teori namun dapat tercermin pada perilaku siswa sehari-harinya. Globalisasi yang kini telah menyebarluas ke seluruh penjuru dunia memberikan dampak yang besar bagi manusia. Salah satu dampak negatif yang sekarang sangat terlihat yaitu krisis moral di segala lapisan masyarakat. Maka untuk mengatasi masalah moral dan akhlak tersebut bukan hanya dengan uang, ilmu pengetahuan atau teknologi, tetapi harus dibarengi dengan penanganan di bidang mental spiritual dan akhlak yang mulia. Oleh karena itu guru Pendidikan Agama Islam harus berupaya untuk dapat meningkatkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Emotional Quotient (EQ) peserta didik di MTsN 6 Tulungagung? 2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) peserta didik di MTsN 6 Tulungagung? 3) Apa saja kendala yang dialami guru Pendidikan Agama Islam Islam dalam meningkatkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di MTsN 6 Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTsN 6 Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari WAKA Kurikulum, dan guru Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Emotional Quotient (EQ) peserta didik di MTsN 6 Tulungagung: guru Pendidikan Agama Islam menggunakan metode ceramah yang kadang diselingi dengan cerita tauladan, pemutaran video yang berhubungan dengan Emotional Quotient, berusaha dekat dengan siswa, melatih kepercayaan diri peserta didik melalui presentasi, melatih kedisiplinan siswa melalui tata tertib sekolah dan di dalam pembelajaran, pemberian motivasi di awal dan akhir pembelajaran, mendatangkan motivation building, pemberian uswatun hasanah dan mauidhoh hasanah 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) peserta didik di MTsN 6 Tulungagung: guru menggunakan metode ceramah, uswatun hasanah, reward and punishment, mauidhoh, pembiasaan sholat Dhuha dan Dhuhur berjamaah, membaca QS. Yasiin, Al Qur’an dan Asmaul Husna sebelum pembelajaran dan Istighotsah setiap dua minggu sekali pada hari Senin 3) Kendala yang dialami guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di MTsN 6 Tulungagung: peran orang tua yang kurang, beberapa sifat negatif yang terbawa dari SD/MI, kebandelan bawaan dari dalam diri peserta didik, dan lingkungan yang kurang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143307 NILNA NURLAILATUS SAADAH
Date Deposited: 13 Jul 2018 06:15
Last Modified: 13 Jul 2018 06:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8318

Actions (login required)

View Item View Item