PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEKNIK KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 02 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MALIYA KASANDRA, 1721143226 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEKNIK KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 02 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (671kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Menerapkan Teknik Komunikasi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 02 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Maliya Kasandra (1721143226) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci: Kemampuan Guru, Teknik Komunikasi dan Hasil Belajar Setiap komunikasi yang dilakukan oleh manusia memiliki teknik komunikasi tersendiri termasuk pada komunikasi antara guru dan siswa. Komunikasi dalam pembelajaran sangat menentukan hasil pembelajaran. Proses komunikasi yang berjalan secara lancar antar guru dan siswa akan membawa hasil pembelajaran yang baik. Sebaliknya komunikasi yang terhambat akan berimplikasi kurang baik terhadap hasil pembelajaran. Untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada suatu proses pembelajaran, guru dituntut mampu menampilkan cara penyampaian materi dengan baik dengan menggunakan teknik komunikasi yang tepat. Dalam hal ini peneliti menganalisa teknik komunikasi informatif dan teknik komunikasi persuasif. Karena, teknik komunikasi informatif dan teknik komunikasi persuasif dirasa memiliki peran penting dalam memengaruhi hasil belajar peserta didik di SMPN 02 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kemampuan guru dalam menerapkan teknik komunikasi informatif terhadap hasil belajar siswa di SMPN 02 Sumbergempol ? (2) Adakah pengaruh kemampuan guru dalam menerapkan teknik komunikasi persuasif terhadap hasil belajar siswa di SMPN 02 Sumbergempol? (3) Adakah pengaruh kemampuan guru dalam menerapkan teknik komunikasi informatif dan teknik komunikasi persuasif terhadap hasil belajar siswa di SMPN 02 Sumbergempol ? Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan variabel bebasnya adalah teknik komunikasi informatif dan teknik komunikasi persuasif. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik random sampling. Metode analisis data penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan analisis akhir menggunakan analisis regresi ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa thitung = 2,165 > nilai ttabel 2,015 dengan taraf signifikansi 0,036 < 0,05, sehingga Ha diterima, yakni terdapat pengaruh yang signifikan teknik komunikasi informatif terhadap hasil belajar peserta didik. Selanjutnya thitung = 2,512 > ttabel = 2,015 dengan taraf signifikansi 0,016 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima, yakni yakni terdapat pengaruh yang signifikan teknik komunikasi persuasif terhadap hasil belajar peserta didik. Yang terakhir Fhitung = 4,027 > Ftabel = 3,21 dengan taraf signifikansi 0,025 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima, yakni terdapat pengaruh kemampuan guru dalam menerapkan teknik komunikasi informatif dan persuasif terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143226 MALIYA KASANDRA
Date Deposited: 16 Jul 2018 06:25
Last Modified: 16 Jul 2018 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8325

Actions (login required)

View Item View Item