PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN DI MIN NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG

NOVA SANTOSO, 1725143217 (2018) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN DI MIN NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nova Santoso, 1725143217, Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian Bilangan Di MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Musrikah, M. Pd. Kata Kunci: Profesionalisme, Prestasi, Matematika Profesionalisme guru merupakan suatu kondisi dimana tujuan dan kualitas keahlian serta kewenangan dalam bidang pendidikan yang utama dalam pengajaran yang menjadi mata pencaharian. Guru profesional adalah guru yang berkualitas, berkompetensi dan mempengaruhi proses belajar mengajar sehingga mampu mendatangkan prestasi belajar yang lebih baik. Profesionalisme Guru merupakan kunci kesuksesan dari sebuah pembelajaran. Selain itu siswa di lokasi tersebut masih sangat berpotensi dalam meningkatkan prestasi belajar matematika sehingga memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, guna mewujudkan prestasi belajar matematika yang diharapkan, maka diperlukanlah guru yang professional. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui bagaimana pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi pembagian bilangan di MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung, 2) mengetahui seberapa besar pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi pembagian bilangan di MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung yang berjumlah 341. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas II C sebagai kelas kontrol dan II A sebagai kelas eksperimen di MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes dan data dokumentasi. Soal tes tersebut digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi pembagian bilangan di MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung Analisis data menggunakan uji t-test dan uji pengaruh (effect size). Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah. 1) Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 4,723 < ttabel = 2,021 (taraf 5%) sehingga h0 ditolak, jadi ada pengaruh yang signifikan dalam profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi pembagian bilangan di MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. 2) Besarnya pengaruh diperoleh d = 1,61 berdasarkan pada tabel interpretasi nilai Cohen’s maka Presentase 94.5%. Berdasarkan hasil penelitian maka pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi pembagian bilangan di MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung yaitu sebesar 94.5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143217 Nova Santoso
Date Deposited: 16 Jul 2018 02:42
Last Modified: 16 Jul 2018 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item View Item