BINTI LIA MASRUROH, 1721143089 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (605kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (368kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung”. Ditulis oleh Binti Lia Masruroh, NIM. 1721143089, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag. M.Pd. NIP. 19700817 199803 2 001 Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kurangnya perhatian dari pendidik maupun peserta didik dengan beragamnya kecerdasan emosional dan gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? (2) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? (3) Adakah secara bersama-sama pengaruh antara kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung, (2) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar PAI kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung, (3) Pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalalah seluruh kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung yang berjumlah 244 siswa. Selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan proportional random sampling. Ukuran sampel penelitian sebanyak 142 siswa ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap prestasi belajar PAI dengan hasil hitung sebagai berikut: (1) kecerdasan emosional sebagian kecil siswa 53,52% memiliki kecenderungan kategori cukup, gaya belajar sebagian kecil siswa 57,04% memiliki kecenderungan kategori cukup, (2) kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI dengan koefisien regresi sebesar 0,503, (3) gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI sebesar 0,285, (4) kecerdasan emosional dan gaya belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PAI sebesar 84%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143089 BINTI LIA MASRUROH |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 06:39 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8333 |
Actions (login required)
View Item |