DESI ANDRIANI, 1721143102 (2018) PENGARUH KERANGKA TANDUR DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (831kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (460kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (477kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (482kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kerangka TANDUR Dalam Pembelajran Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” di tulis oleh Desi Andriani, NIM 1721143102, Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Kerangka TANDUR, Hasil Belajar Pembelajaran Kerangka TANDUR merupakan suatu gagasan dari Porter yang dituangkan dalam buku Quantum Teaching. TANDUR merupakan akronim dari nama setiap langkah pembelajaran yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demontrsasi, Ulangi dan Rayakan. kerangka TANDUR ini dihayati dapat membuat siswa menjadi tertarik dan berminat pada setiap pelajaran. Kerangka ini juga memastikan bahwa mereka mengalami pembelajaran, berlatih, menjadikan isi pelajaran nyata bagi mereka sendiri, dan mencapai kesuksesan. Jadi dengan ini hasil belajar siswa akan lebih meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1.Apakah ada pengaruh kerangka TANDUR dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Fiqih pada ranah kognitif siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 2. Apakah ada pengaruh kerangka TANDUR dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Fiqih pada ranah afektif siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 3. Apakah ada pengaruh kerangka TANDUR dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Fiqih pada ranah psikomotorik siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability sampling dengan purposive sampling. Sampelnya yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen dengan kelas A 34 siswa dan kelas B 35 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunkaan tes, observasi dan juga dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu a) uji instrumen (validasi dan reabilitas), b) uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), c) uji hipotesis (uji t). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh kerangka TANDUR dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Fiqih pada ranah kognitif siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, dengan perolehan hasil t_hitung > t_tabel (3.199 >1.670) artinya H_0 ditolak dan H_a diterima. (2) Tidak ada pengaruh kerangka TANDUR dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Fiqih pada ranah afektif siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, dengan perolehan hasil t_hitung < t_tabel (-311<1.670) artinya H_0 diterima dan H_a ditolak. (3) Tidak ada pengaruh kerangka TANDUR dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Fiqih pada ranah psikomotorik siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, dengan perolehan hasil t_hitung < t_tabel (268<1.670) artinya H_0 diterima dan H_a ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143102 DESI ANDRIANI |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 01:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 01:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8346 |
Actions (login required)
View Item |