PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

SANGIDATUR ROFIQOH, 1721143364 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” di tulis oleh Sangidatur Rofiqoh, NIM 1721143364, Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar. Pendidikan merupakan sarana utama dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, baik melalui pendidikan informal maupun pendidikan formal. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan melihat hasil belajar yang diraih oleh siswa. Hasil belajar yang baik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Pendidikan Agama Islam adalah suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk membentuk dan membina watak siswa agar senantiasa memahami ajaran Islam kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan Islam sebagai pandangan hidup. Begitu pentingnya ilmu tersebut sehingga diperlukan kesungguhan dalam mempelajarinya agar mendapatkan pemahaman yang tinggi dan mencapai hasil belajar yang baik. Keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional merupakan kunci keberhasilan belajar siswa disekolah. Goleman mengungkapkan adanya faktor selain kognisi yang dapat mempengaruhi seseorang dalam bekerja, faktor ini dikenal sebagai kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? 2. Adakah pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? 3. Adakah pengaruh secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian deskripstif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yang berjumlah 276. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Sampelnya yaitu siswa kelas X yang berjumlah 55 yang diambil dari setiap kelas secara acak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan juga dokumentasi. Analisis datanya menggunakan dua uji yaitu: a) uji prasyarat yaitu dengan uji normalita dan uji linieritas), b) uji hipotesis yaitu dengan uji regersi sederhana dan uji regresi berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, dengan perolehan hasil t_hitung > t_tabel (2,011 > 2,007) artinya H_0 ditolak dan H_a diterima. (2) Ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, dengan perolehan hasil 〖-t〗_hitung ˂ 〖-t〗_tabel (-2,198 ˂ -2,007) artinya H_0 ditolak dan H_a diterima. (3) Ada pengaruh secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, dengan perolehan hasil F_hitung > F_tabel (6,074 > 3,18) artinya H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143364 SANGIDATUR ROFIQOH
Date Deposited: 17 Jul 2018 01:26
Last Modified: 17 Jul 2018 01:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8347

Actions (login required)

View Item View Item