Pengaruh Kemandirian dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018

Arum Sulistyowati, 1725143034 (2018) Pengaruh Kemandirian dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (719kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemandirian dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Arum Sulistyowati, NIM 1725143034, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, SPd.,MM. Kata kunci : Kemandirian, Lingkungan, dan Prestasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemandirian dan lingkungan belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jika tidak mempunyai kemandirian belajar yang tinggi dalam dirinya, maka akan ada hambatan dalam mencapai prestasi belajarnya, sehingga hasil belajar yang dicapainya tidak maksimal. Hal itu merupakan pengaruh dasar pada diri siswa yang akan menghambat tercapainya prestasi belajar. Begitupun dengan pengaruh eksternal yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, lingkungan tempat tinggal dan adanya dorongan internal yang muncul dari dalam diri anak sehingga timbul suatu kebiasaan yang akan menjadi kebiasaan buruk pada diri anak tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III di SDIT Nurul Fikri?, (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III di SDIT Nurul Fikri?, (3)Apakah ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas III di SDIT Nurul Fikri?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, (2) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, (3) Pengaruh Kemandirian dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung sebanyak 28 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah 28 siswa dengan menggunakan sampling jenuh. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel kemandirian belajar dan lingkungan belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linearitas, dan asumsi klasik. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan software aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16.0 for windows. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan dengan uji t diperoleh sebesar 3.444 dan nilai Sig. sebesar 0,002 yang berarti dapat diketahui bahwa (3,444) > (2,056) dan signifikansi 0,002 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan dengan uji t diperoleh 4,031 dan nilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti dapat diketahui bahwa (4,031) > (2,056) dan Signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan dengan uji F diketahui bahwa sebesar 10,288 dan nilai Sig. sebesar 0,001 berarti dapat diketahui bahwa (10,288) > (3,39) dan signifikansi 0,001< 0,05. Variabel kemandirian dan lingkungan belajar memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 45,1%, sedangkan 54,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 1725143034 Arum Sulistyowati
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:23
Last Modified: 01 Oct 2018 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8374

Actions (login required)

View Item View Item