AZIZUL PUTRI AFINDA, 1725143039 (2018) UPAYA GURU ALQURAN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN PADA KELAS RENDAH DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (138kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
Abstract
ABSTRAK Azizul Putri Afinda, 1725143039, 2018. Upaya Guru Al-Qur’an Hadist dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Kelas Rendah di MIN 1 Tulungagung. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Abdul Aziz Faradi, M. Hum. Kata kunci :Upaya, Guru, kemampuan, baca tulis Al-Qur’an. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak pada kelas rendah, namun pada realitanya di sekolah banyak dijumpai siswa yang masih belum mampu dalam baca tulis Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti membahas tentang upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada kelas rendah di MIN 1 Tulungagung? (2) Apa yang menjadi faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan bacatulis Al-Qur’an pada kelas rendah di MIN 1 Tulungagung? (3) Apa yang menjadi faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas rendah di MIN 1 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada kelas rendah di MIN 1 Tulungagung. (2) Mendeskripsikan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas rendah di MIN 1 Tulungagung. (3) Mendeskripsikan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas rendah di MIN 1 Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk pengumpulan data dengan cara mengamati objek penelitian. Metode wawancara digunakan untuk pengumpulan data dengan cara menggali data melalui informan. Metode dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data dengan cara mencari data atau informasi yang telah dicata tatau dengan cara foto ketika wawancara dan observasi. Hasil penelitian adalah upaya-upaya guru Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an adalah pemilihan metode yang tepat dan menyenangkan, memilih motivasi yang akurat, memanfaatkan alat bantu yang aksatabel dan diadakan program hafidz. Adapun faktor pendukung adalah adanya sarana dan prasarana, minat siswa. Sedangkan faktor penghambat adalah pengondisian kelas yang kurang, kemampuan anak yang berbeda-beda, alokasi waktu yang kurang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143039 AZIZUL PUTRI AFINDA |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 08:01 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 08:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8375 |
Actions (login required)
View Item |