PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

DESY NAFI’ATUR ROHMAH, 1725143054 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Desy Nafi’atur Rohmah, 1725143054, 2018 “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kleas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu pasifnya peserta didik dalam proses pembelajaran yang diakibatkan oleh kesulitan siswa dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah pada sebuah permasalahan dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Oleh karena itu, peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran baru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar juga meningkat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Mata Pelajaran Tematik Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas V Mata Pelajaran Tematik Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahkan masalah peserta didik kelas V Mata Pelajaran Tematik Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 43 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Samples t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V mata pelajaran tematik tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V mata pelajaran tematik tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil analisis data diketahui ada pengaruh model problem based learning(PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V mata pelajaran tematik tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 MI Darussalam Ngentrong Campurdarat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 18.0 for Windows. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa thitung= 3,878 lebih besar dari ttabel 1,683. Dalam arti kata “terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V mata pelajaran tematik tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 MI Darussalam Ngentrong Campurdarat”. Hasil analisis data juga diketahui ada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V mata pelajaran tematik tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 MI Darussalam Ngentrong Campurdarat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 18.0 for Windows. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa thitung= 4,320 lebih besar dari ttabel 1,683. Dalam arti kata “terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V mata pelajaran tematik tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 MI Darussalam Ngentrong Campurdarat”. Sedangkan pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik kelas V mata pelajaran tematik tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 18.0 for Windows. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah 0,000 kurang dari 0,05 atau (0,000 < 0,005). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik kelas V mata pelajaran tematik tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143054 DESY NAFI’ATUR ROHMAH
Date Deposited: 19 Jul 2018 08:23
Last Modified: 19 Jul 2018 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

View Item View Item