ARIF CHOIRUL MUFIDAH, 1725143031 (2018) OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (229kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung “ ini ditulis oleh Arif Choirul Mufidah, NIM. 1725143031, Pembimbing Dr. Anin Nurhayati,M.Pd.I. Kata kunci: Optimalisasi Penggunaan Media Visual dan Pelajaran Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dalam penggunaan media pembelajaran visual di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik, karena disini peserta didik dituntut harus lebih aktif dalam pembelajaran. Optimalisasi penggunaan media visual pada mata pelajaran matematika sudah mulai diterapkan pada SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. Peserta didik sangat antusias dan merupakan trik guru agar menghindari kejenuhan peserta didik ketika proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana keberadaan media visual mapel matematika untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas III SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana pemanfaatan media visual mapel matematika untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas III SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana cara optimalisasi penggunaan media pembelajaran visual mapel matematika untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas III SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keberadaan, pemanfaatan, dan cara optimalisasi dalam menggunakan media pembelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan tehnik reduksi,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas. Uji kredibilitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keberadaan media pembelajaran visual dalam mapel matematika untuk meningkatkan prestasi peserta didik kelas III sudah terpenuhi. (2) Pemanfaatan media pembelajaran visual dalam mapel matematika untuk meningkatkan prestasi peserta didik kelas III sudah terlaksana. (3) Cara optimalisasi dalam penggunaan media pembelajaran visual dalam mapel matematika untuk meningkatkan prestasi peserta didik kelas III dilakukan dengan cara memfasilitasi apa yang dibutuhkan guru dalam menyampaikan pembelajaran untuk pemahaman peserta didik, kekreatifan seorang guru dalam menyampaikan materi melalui media pembelajaran, serta mengikuti seminar-seminar tentang media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143031 ARIF CHOIRUL MUFIDAH |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 06:35 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8404 |
Actions (login required)
View Item |