IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENGATASI KESULITAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA DI MI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG

IKA NOVITASARI, 1725143124 (2018) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENGATASI KESULITAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA DI MI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Mind Mapping dalam Mengatasi Kesulitan Konsentrasi Belajar Matematika Bagi Siswa di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung” ini ditulis oleh Ika Novitasari, pembimbing M. Ridho Al Qodri S.U., MA. Kata Kunci: Mind Mapping, Kesulitan Konsentrasi Belajar, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dan menakutkan bagi siswa karena minat terhadap pelajaran matematika itu sangat rendah, sehingga kesulitan yang dihadapi siswa merupakan akibat dari kurangnya konsentrasi dan kurangnya pemahaman dalam materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti mengimplementasikan metode mind mapping dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Dengan mengimplementasikan metode mind mapping siswa akan lebih mudah memahami materi dan konsentrasi siswa akan lebih meningkat. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa Saja Faktor Penyebab Kesulitan Konsentrasi Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas V di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? (2) Bagaimana Penerapan Metode Mind Mapping dalam Mengatasi Kesulitan Konsentrasi Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas V Di Mi Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? Berdasarkan rumusan tersebut penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mengetahui Faktor Penyebab Kesulitan Konsentrasi Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas V di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui Cara Menerapkan Metode Mind Mapping dalam Mengatasi Kesulitan Konsentrasi Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas V di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, pemeriksaan sejawat dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian yang digunakan adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung adalah (1) Kesulitan yang dialami oleh siswa diantaranya kurangnya konsentrasi dalam belajar. Dimana siswa yang kurang menyukai materi maupun metode yang diajarkan oleh guru (2) Dengan penerapan metode mind mapping dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar khususnya mata pelajaran matematika pada materi kubus dan balok, sehingga siswa bersemangat dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143124 IKA NOVITASARI
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:51
Last Modified: 08 Aug 2018 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8432

Actions (login required)

View Item View Item