HANIM UMMU CHOIRUN NISA, 1725143114 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SD ISLAM AL BADAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (512kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (392kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hanim Ummu Choirun Nisa . 1725143114. 2018 , Implementasi Program Full Day School Di SD Islam Al Badar Kedungwaru Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag Kata kunci : Program, Full Day School Full Day School merupakan salah satu sistem pendidikan.yang dijadikan sebagai tolak ukur bagi kemajuan dan kualitas masyarakat Indonesia saat ini. Seiring perkembangan jaman masyarakat mulai menyadari bahwa keberadaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting terutama dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang cerdas, pandai, berilmu pengetahuan, berjiwa sosial, demokratis, dan berakhlak mulia. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, banyak sekali usaha-usaha yang dilakukan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta, salah satunya dengan menerapkan sistem pendidikan yang dapat memenuhi tujuan tersebut. Sistem tersebut adalah Full Day School. Berangkat dari pengertian diatas maka penelitian ini mengambil judul Implementasi Program Full Day School Di SD Islam Al Badar Kedungwaru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini , (1) Bagaimana konsep full day school di SD Islam Al Badar ? (2) Bagaimana pelaksanaan full day school di SD Islam Al Badar ? (3) Bagaimana output full day school di SD Islam Al Badar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep full day school, pelaksanaan full day school, dan output full day school di SD Islam Al Badar Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan guru mitra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkakn bahwa : 1.Konsep full day school di SD Islam Al Badar sebagai berikut (a) meningkatkan kualitas anak bukan hanya dari segi akademik namun non akademik (b) memanfaatkan waktu belajar secara maksimal, membentuk pendidikan karakter sejak dini (c) memberikan perlindungan bagi anak dari pergaulan bebas dan memberikan rasa nyaman. 2. Pelaksanaan full day school di SD Islam Al Badar sebagai berikut :(a) pembelajaran dimulai pukul 06.30 sampai 15.00 (b) melakukan sebuah pembiasaan sebelum mulai pembelajaran (c) pelaksanaan pembelajaran tidak hanya di dalam kelas namun di luar kelas (d) memiliki banyak ekstrakurikuler yang bisa membantu peserta didik menyalurkan bakat dan potensi mereka. 3. Output full day school di SD Islam Al Badar sebagai berikut : (a) anak memperoleh pendidikan keislaman secara layak dan proporsional (b) potensi anak dapat tersalurkan melalui kegiatan ekstrakurikuler, perkembangan minat, bakat, kecerdasan anak terpantau sejak dini melalui bimbingan konseling (c) mahir menghafal surat-surat dan do’a-do’a dan mempraktekkannya
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143114 HANIM UMMU CHOIRUN NISA |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 06:46 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8446 |
Actions (login required)
View Item |