IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM MENGAJARKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SD ALAM MUTIARA UMAT TULUNGAGUNG

FAIZ MUSYAHADATUL KAROMAH, 1725143092 (2018) IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM MENGAJARKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SD ALAM MUTIARA UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Faiz Musyahadatul Karomah, 1725143092, Implementasi Metode Usmani dalam Mengajarkan Hafalan Al-Qur’an di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: M.Ridho Al-Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci: Metode Usmani, Pembelajaran dan Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi karena untuk melatih konsentrasi dan meningkatkan kecerdasan siswa maka perlu mendidik anak supaya lebih dekat dan cinta kepada Al-Qur’an. Mengenal Al-Qur’an sejak dini merupakan langkah utama sebelum pembelajaran lainnya. Oleh karena itu, diperlukannya pendidikan dan metode supaya siswa bisa membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan lancar. Adanya metode Usmani ini sebagai upaya untuk ikut serta menjaga dan memlihara keaslian, kesucian, dan kehormatan Al-Qur’an baik dari aspek bacaan maupun tulisan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode usmani dalam mengajarkan hafalan Al-Qur’an di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat metode usmani dalam mengajarkan hafalan Al-Qur’an di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung?. Berdasarkan focus penelitian tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan implementasi metode usmani dalam mengajarkan hafalan Al-Qur’an di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode usmani dalam mengajarkan hafalan Al-Qur’an di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. Penelitian ini ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan memperpanjang pengamatan, pemeriksaan sejawat, dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian ini terdiri dari tahap pralapangan, tahap lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitiannya adalah (1) Implementasi metode Usmani memberikan peningkatan kemampuan membaca serta menghafal dengan baik, teknik yang digunakan dalam pembelajaran yaitu klasikal dan individual, dalam evaluasi terdapat test pelajaran, test kenaikan, dan khatam pendidikan Al-Qur’an. (2) Faktor pendukung metode Usmani diantaranya, adanya motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswa supaya siswa semangat dalam belajar, kerjasama antara pihak sekolah dengan wali murid, serta lingkungan yang asri sebagai pendukung kenyamanan belajar dan pembelajaran yang tidak membebani siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu konsentrasi yang dimiliki siswa berbeda-beda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143092 FAIZ MUSYAHADATUL KAROMAH
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:39
Last Modified: 30 Jul 2018 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8447

Actions (login required)

View Item View Item