MUHAMNMAD KEVIN NASRULLAH, 1721143282 (2018) PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN FIKIH PADA KERIKULUM 2013 DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (698kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (308kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (262kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (163kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perencanaan Evaluasi Pembelajaran Fikih pada Kurikulum 2013” ini ditulis oleh Muhammad Kevin Nasrullah, NIM 1721143282, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2018, dosen pembimbing: Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. NIP. 19720115 199903 2 002 Kata Kunci : Perencanaan Evaluasi, Kurikulum 2013 Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran menggunakan perencanaan. Maka dari itu peneliti ingin mengatahui bagaimana perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 yang ada di MAN 2 Tulungagung. Fokus penelitian: 1. Bagaimana guru menentukan tujuan penilaian dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung?; 2. Bagaimana Guru mengidentifikasi kompetensi dan hasil belajar dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung?; 3. Bagaimana guru menyusun kisi-kisi dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung?; 4. Bagaimana guru mengembangkan draf instrumen dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung?; 5. Bagaimana guru merakit dan merevisi soal dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung?. Tujuan diadakannya penelitian: 1. Untuk mengetahui bagaimana guru menentukan tujuan penilaian dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung; 2. Untuk mengetahui bagaimana guru mengidentifikasi kompetensi dan hasil belajar dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung; 3. Untuk mengetahui bagaimana guru menyusun kisi-kisi dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung; 4. Untuk mengetahui bagaimana guru mengembangkan draf instrument dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung; 5. Untuk mengetahui bagaimana guru merevisi dan merakit soal dalam perencanaan evaluasi pembelajaran fikih pada kurikulum 2013 di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Teknik pengecekan kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode, perpanjangan keikutsertaan, pemeriksaan teman sejawat dan ketekunan. Hasil penelitian: 1. Guru menentukan tujuan penilaian dengan cara merincikan ruang lingkup evaluasi yang berhubungan dengan luas pengetahuan sesuai dengan silabus dan mata pelajaran. Serta dengan merincikan proses mental yang akan di evaluasi yang berhubungan dengan jenjang pengetahuan peserta didik. 2. Guru mengidentifikasi kompetensi hasil belajar dengan menggunakan sistem kurikulum 2013 yaitu dengan cara memperhatikan kompetensi hasil belajar yang harus dicapai oleh peserta didik meliputi kompetensi sikap spiritual dan sosial, pengetahuan serta keterampilan sesuai dengan KI dan KD pada silabus dan RPP. 3. Guru menyusun kisi-kisi pada perencanaan evaluasi pembelajaran fikih dengan menganalisis silabus, kemudian merumuskan indikator berdasarkan analisis pada silabus, dan menetapkan ruang lingkup materi fikih, serta menetapkan jenis dan jumlah soal. 4. Guru mengembangkan draf instrumen soal guru merumuskannya bersama dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran fikih yaitu dengan merincikan materi mata pelajaran fikih yang akan di ukur, kemudian mengembangkannya berdasarkan kisi-ksi yang telah dibuat sebelumnya. 5. Guru merevisi dan merakit soal sesuai dengan proporsi tingkat kesukaran soal dan daya pembeda. Selanjutnya, soal dirakit dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mengelompokkannya berdasarkan nomor urut dan bentuk soal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Komunikasi Islam Manajemen Dakwah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143282 MUHAMMAD KEVIN NASRULLAH |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 07:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2018 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8448 |
Actions (login required)
View Item |