ANIS SAYYIDATUN NISA, 1724143034 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII Di MTsN Tunggangri Kalidawir” ini ditulis oleh Anis Sayyidatun Nisa, NIM. 1724143034, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru lebih mendominasi di kelas, sehingga siswa tidak berpartisipasi secara aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti, menawarkan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning yang lebih menarik dan bermakna, sehingga siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari masalah yang dihadapi. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) untuk mengetahui pengaruh seberapa besar model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII di MTsN Tunggangri Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experimental dengan desain Postest-only Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Tunggangri Kalidawir. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Independen Sample t-Test dan Uji Seberapa Besar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar. Terbukti dengan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 dan thitung > ttabel = 3,593 > 1,666 dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 74,47 sedangkan kelas kontrol sebesar 64,16. (2) ada pengaruh seberapa besar Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil interpretasi nilai Cohen’s d menunjukkan 1,2025 dengan tabel nilai 88% termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12505184003 ANIS SAYYIDATUN NISA |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 02:00 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 02:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8455 |
Actions (login required)
View Item |