PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2017/2018

ANIS SAYYIDATUN NISA, 1724143034 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII Di MTsN Tunggangri Kalidawir” ini ditulis oleh Anis Sayyidatun Nisa, NIM. 1724143034, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru lebih mendominasi di kelas, sehingga siswa tidak berpartisipasi secara aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti, menawarkan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning yang lebih menarik dan bermakna, sehingga siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari masalah yang dihadapi. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) untuk mengetahui pengaruh seberapa besar model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII di MTsN Tunggangri Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experimental dengan desain Postest-only Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Tunggangri Kalidawir. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Independen Sample t-Test dan Uji Seberapa Besar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar. Terbukti dengan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 dan thitung > ttabel = 3,593 > 1,666 dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 74,47 sedangkan kelas kontrol sebesar 64,16. (2) ada pengaruh seberapa besar Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil interpretasi nilai Cohen’s d menunjukkan 1,2025 dengan tabel nilai 88% termasuk kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12505184003 ANIS SAYYIDATUN NISA
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:00
Last Modified: 26 Jul 2018 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item