PENGARUH MEDIA BENDA ASLI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DZIKRIA KHUSNATUL ASROR, 1725143073 (2018) PENGARUH MEDIA BENDA ASLI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Benda Asli Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” pada pelajaran Matematika materi Pecahan Tahun Ajaran 2017/2018 ini ditulis oleh Dzikria Khusnatul Asror, NIM. 1725143073, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Media Benda Asli, Motivasi, dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sebuah media benda asli dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol pada kelas III. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh media benda asli terhadap motivasi siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung 2) Untuk mengetahui pengaruh media benda asli terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung 3)Untuk mengetahui pengaruh media benda asli terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimen design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 40 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) dokumentasi, 2) observasi, 3) tes, dan 4) angket. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupa pre test dan post test untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, maka uji analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media benda asli terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 119, 55, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 118,95. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 0,083 dengan signifikansi 0,007. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 79, 05, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71,50. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 7,383 dengan signifikansi 0,010.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143073 DZIKRIA KHUSNATUL ASROR
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:56
Last Modified: 02 Aug 2018 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item View Item