POLA PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG

REZA AFRIDHA ZAHRA, 1725143241 (2018) POLA PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (824kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pola Pembinaan Karakter Religius Siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Reza Afridha Zahra, NIM 1725143241, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Pola Pembinaan, Pembinaan Karakter Religius, Karakter Religius. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasanya berbagai permasalahan dunia pendidikan di era globalisasi yang sering terjadi yaitu kerusakan moral atau akhlaqul kharimah anak bangsa yang terus membumi. Dunia pendidikan dalam merespon problematika globalisasi yang berdampak pada hilangnya moralitas generasi penerus bangsa memiliki alternative dalam membimbing dan membina perkembangan sikap peserta didik yakni melalui pembinaan karakter religius. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pola pembinaan dimensi aqidah siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana pola pembinaan dimensi ibadah siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana pola pembinaan dimensi akhlaq siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pola pembinaan dimensi aqidah siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan pola pembinaan dimensi ibadah siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan pola pembinaan dimensi akhlaq siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif, lokasinya di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung, sumber data dari Primer dan Skunder, teknik pengumpulan datanya Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Bagaimana pola pembinaan dimensi aqidah siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung yaitu: Pertama, pola pembinaan dimensi aqidah melalui pembelajaran di dalam kelas (Pola Teoritis). Kedua, pola pembinaan dimensi aqidah melalui ibadah (Pola Praktis). Dan ketiga, Pola Leader yakni peran guru sebagai pembimbing dalam membina dimensi aqidah. (2) Pola pembinaan dimensi ibadah siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung melalui kegiatan keagamaan. Dari kegiatan keagamaan tersebut ditemukan beberapa pola pembinaan yaitu: Pertama, Pola Harian merupakan kegiatan pembiasaan sholat dhuhur berjamaah yang dijadwal setiap hari senin-kamis dan wajib diikuti oleh seluruh warga Sekolah. Kedua, Pola Mingguan merupakan kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah yang dijadwal setiap satu minggu sekali untuk setiap kelas. Kemudian ketiga, pola Monitoring merupakan penggunaan buku kendali PAI untuk memonitor aktivitas keagamaan siswa di rumah. (3) Pola pembinaan dimensi akhlaq siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung yaitu; pertama, pola pembinaan dimensi akhlaq di dalam kelas (Pola In-Class). Kedua, Pola pembinaan dimensi Akhlaq di luar kelas (Pola Out-Class).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143241 REZA AFRIDHA ZAHRA
Date Deposited: 26 Jul 2018 08:04
Last Modified: 26 Jul 2018 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8477

Actions (login required)

View Item View Item