PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI INDIVIDU DAN KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIHDI MA MAARIF UDANAWU TAHUN AJARAN 2017/2018

FATIMATUZ ZAHRO, 1721143145 (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI INDIVIDU DAN KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIHDI MA MAARIF UDANAWU TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Individu dan Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Maarif Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Fatimatuz Zahro, NIM. 1721143145, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag., NIP. 19690918 200003 1002 Kata Kunci: Metode Resitasi Individu dan Kelompok, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangai oleh bagaimana seorang pendidik mampu menyajikan materi pembelajaran yang mampu memahamkan peserta didik akan materi pelajaran tersebut yang mana akan membangkitkan suatu interaksi yang edukatif antara pendidik dan peserta didik. Selain itu penggunaan metode pembelajaran yang masih monoton yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Rasa tanggungjawab siswa akan tugasanya sebagai pelajar yang kurang. Dari semua itu menyebabkan hasil belajar siswa kurang. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan metode resitasi (penugasan) individu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Maarif Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Adakah pengaruh penerapan metode resitasi (penugasan) kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Maarif Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh penerapan metode resitasi (penugasan) individu dan kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Maarif Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2017/2018?? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimental Design. Data siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode resitasi individu dan kelompok dan kelas X MIA 5 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Lokasi penelitiannya di MA Maarif Udanawu Blitar dalam pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan Dokumentasi dengan menggunakan analisis uji prasyarat hipotesis dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa metode resitasi individu berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih siswa di MA Maarif Udanawu Blitar dengan taraf signifikan <0,05, rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (53,5<86,5) dan mean defference yang bernilai negatif (2) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa metode resitasi kelompok berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih siswa di MA Maarif Udanawu Blitar dengan taraf signifikan <0,05, rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (53,5<86,7) dan mean defference yang bernilai negatif (3) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa metode resitasi individu dan kelompok berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih siswa di MA Maarif Udanawu Blitar dengan taraf signifikan <0,05, rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (53,5<86,8) dan mean defference yang bernilai negatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143145 FATIMATUZ ZAHRO
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:24
Last Modified: 31 Jul 2018 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8492

Actions (login required)

View Item View Item