PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

NURUL LAILI, 1724143197 (2018) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar tahun ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Nurul Laili, NIM. 1724143197, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Pengaruh, Mind mapping, hasil belajar Fenomena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, masih banyak siswa yang kurang berminat untuk menulis materi yang sedang diajarkan, masih banyak siswa yang kurang minat untuk membaca kembali catatan mereka yang telah mereka tulis, proses pembelajaran masih terpusat pada metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Berkaitan dengan materi statistika yang terstruktur dan membutuhkan hafalan untuk dapat memahami dan agar dapat dengan mudah mengingatnya secara efektif dan efesien, maka dibutuhkan suatu metode yang termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi tersebut ketika suatu saat diperlukan. Mind mapping merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi materi pelajaran dengan pemetaan pikiran. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar tahun ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar tahun ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan adalah eksperimen semu. Metode pengambilan data melalui tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mencari nilai matematika hasil belajar siswa di MTsN 2 Kota Blitar. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapat data pendukung penelitian seperti profil sekolah, daftar nama siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian, dokumentasi proses penelitian dan data pendukung yang lainnya. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji beda t-test. Hasil penelitian dan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh thitung = 2,4731 > ttabel = 1,99085. Hal ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh metode Mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar tahun ajaran 2017/2018. (2) Berdasarkan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s yang telah dilakukan, besarnya pengaruh metode Mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi statistika adalah 56%. Pada tabel interpretasi nilai Cohen’s, nilai 56% tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143197 NURUL LAILI
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:40
Last Modified: 26 Jul 2018 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8495

Actions (login required)

View Item View Item