ISTIQOMAH, 1725143139 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (631kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
ABSTRAK Istiqomah, 1725143139, 2018 “Pengaruh Media Gambar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Nursamsu, M. Pd Kata Kunci: Media Gambar, Motivasi, dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sebuah media gambar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung pada kelas III. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimen design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 175 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, dan 2) angket. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupa post test untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, maka uji analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 124,95, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 118,33. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 9,467 dengan signifikansi 0,004. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 86,50, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 75,23. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 12,735 dengan signifikansi 0,001.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143139 ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 01:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 01:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8517 |
Actions (login required)
View Item |