PENGARUH STRATEGI BERHITUNG (DIFFERENT STRATEGIES) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTS DARUL HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

NOVITA SARI, 1724143189 (2018) PENGARUH STRATEGI BERHITUNG (DIFFERENT STRATEGIES) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTS DARUL HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novita Sari, 1724143189, Pengaruh Strategi Berhitung (Different Strategies) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan Di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM Kata Kunci: Strategi Berhitung (Different Strategies), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran matematika. Karena sebagian besar guru dalam proses pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi baru dalam pembelajaran matematika agar hasil belajar matematika siswa meningkat. Diantaranya dengan menerapkan strategi berhitung (different strategies) dan motivasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh strategi berhitung (different strategies) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perbandingan di MTs Darul Huda?, (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perbandingan di MTs Darul Huda?, (3) Apakah ada pengaruh strategi berhitung (different strategies) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi perbandingan di MTs Darul Huda?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi berhitung (different strategies) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi perbandingan di MTs Darul Huda, (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perbandingan di MTs Darul Huda, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi berhitung (different strategies) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perbandingan di MTs Darul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi, sampel yang diambil adalah kelas VII-A dan VII-B. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Anova 2 jalur, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji anova 2 jalur strategi berhitung (different strategies) diperoleh nilai Sig 0,013. Karena nilai sig 0,013 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan strategi berhitung (different strategies) terhadap hasil belajar matematika,(2) Hasil uji anova 2 jalur motivasi belajar diperoleh nilai Sig 0,11. Karena nilai sig 0,011 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) Hasil uji anova 2 jalur strategi berhitung (different strategies) dan motivasi belajar diperoleh nilai Sig 0,036. Karena 0,036 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan strategi berhitung (different strategies) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi perbandingan di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143189 NOVITA SARI
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:32
Last Modified: 07 Aug 2018 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8524

Actions (login required)

View Item View Item