Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Tulungagung

Yusuf, Mohammad (2012) Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK revisi.docx

Download (13kB)
[img] Text
revisi BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
revisi bab II.docx

Download (61kB)
[img] Text
revisi BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
revisi BAB IV.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB V revisi.docx

Download (16kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Kurikulum dan Pendidikan Agama Islam Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi sebuah fenomena yang mana masyarakat berkepentingan dengan kurikulum pendidikan agama Islam sebab kita sebagai masyarakat selalu mengharapkan tumbuh dan berkembangnya anak, pemuda dan generasi muda yang lebih baik, lebih cerdas, lebih berkemampuan, dan lebih berjiwa islami. Dalam upaya pengembangan kurikulum ini banyak kita jumpai berbagai macam permasalahan yang menyertainya. Salah satunya adalah saat ini pengembangan kurikulum belum berorientasi pada kepentingan peserta didik, tetapi peserta didik sebagai objek. Untuk mengatasi permasalahan yang selalu menyertai pengembangan kurikulum, diperlukan strategi yang tepat agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Alasan apakah yang mendasari pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN 2 Tulungagung? (2) Komponen kurikulum apakah yang dikembangkan di MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana strategi pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN 2 Tulungagung? Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disampaikan kesimpulan sebagai berikut (1) Alasan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN 2 Tulungagung : MAN 2 Tulungagung ingin mewujudkan visi, misi dan tujuan yang ada di MAN 2 Tulungagung dengan tidak mengesampingkan potensi peserta didik, daerah, keadaan sosial dan juga kebutuhan masyarakat. (2) Komponen kurikulum yang dikembangkan di MAN 2 Tulungagung adalah semua komponen kurikulum meliputi komponen isi, tujuan,alat atau media dan juga evaluasi. (3) Banyaknya kegiatan keagamaan merupakan strategi dari hasil pengembangan semua komponen kurikulum di MAN 2 Tulungagung serta penggunaan semua pendekatan dan prinsip pada pengembangan kurikulum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 02:56
Last Modified: 28 Jan 2015 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item