PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH GARIS SINGGUNG SISWA KELAS VIII MTs SUNAN KALIJAGA KRANDING MOJO KEDIRI DITINJAU DARI KEPRIBADIAN EXTROVERT-INTROVERT

DESI MAROATUL NAFIAH, 1724143066 (2018) PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH GARIS SINGGUNG SISWA KELAS VIII MTs SUNAN KALIJAGA KRANDING MOJO KEDIRI DITINJAU DARI KEPRIBADIAN EXTROVERT-INTROVERT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Proses Berpikir Dalam Pemecahan Masalah Garis Singgung Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijaga kranding Mojo Kediri Ditinjau Dari Kepribadian Extrovert-Introvert”, ini ditulis oleh Desi Maroatul Nafiah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Kepribadian ExtrovertIntrovert, Garis Singgung Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa setiap siswa tentunya memiliki sifat yang bermacam. Terdapat siswa yang lincah, pemalu, senang bekerja kelompok, individual, pendiam ataupun senang berbicara dengan orang lain. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi proses belajar mengajar. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah garis singgung kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri yang berkepribadian extrovert; 2) mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah garis singgung kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri yang berkepribadian introvert? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tulis, observasi, wawancara dan angket atau kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: 1) proses berpikir dalam pemecahan masalah garis singgung siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri yang memiliki tipe kepribadian extrovert berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya adalah menggunakan proses berpikir asimilasi dalam memahami masalah, dan menggunakan proses berpikir akomodasi dalam membuat rencana serta melaksanakan rencana penyelesaian. Sedangkan dalam langkah memeriksa kembali siswa menggunakan proses berpikir asimilasi dan akomodasi. Terdapat siswa yang menggunakan proses berpikir asimilasi, namun ada pula siswa yang menggunakan proses berpikir akomodasi; 2) proses berpikir dalam pemecahan masalah garis singgung siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri yang memiliki tipe kepribadian introvert berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya adalah menggunakan proses berpikir asimilasi dalam memahami masalah, membuat rencana serta melaksanakan rencana penyelesaian. Sedangkan dalam memeriksa kembali terdapat siswa yang menggunakan proses berpikir asimilasi, namun ada pula siswa yang menggunakan proses berpikir akomodasi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam penelitian selanjutnya serta memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, serta dengan adanya penelitian selanjutnya mampu menganalisis ulang tentang proses berpikir siswa berdasarkan tipe kepribadian extrovert-introvert dalam pemecahan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143066 DESI MAROATUL NAFIAH
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:30
Last Modified: 30 Jul 2018 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item