UPAYA GURU FIKIH DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

NAIMATUL MASFIYAH, 1721143436 (2018) UPAYA GURU FIKIH DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (565kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Naimatul Masfiyah, NIM : 1721143436. 2018. Upaya Guru Fikih dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya guru dalam pengelolaan kelas yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dengan upaya guru dalam pengelolaan kelas dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga tercapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Jika proses pembelajaran efektif dan efisien akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa semakin faham mengenai materi yang disampaikan dan berdampak pada meningkatnya prestasi belajar. Dapat diketahui bahwa prestasi belajar ini adalah sebagai akhir dari proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya Guru Fikih dalam Pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar dalam segi kognitif siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Bagaimana upaya Guru Fikih dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar dalam segi afektif siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Bagaimana upaya Guru Fikih dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar dalam segi psikomotor siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Fikih dalam pengelolaan kelas untuk mengembangkan kognitif, afektif dan psikomotor siswa dalam pembelajaran fikih untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dapat dijadikan acuan dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. Bagi para guru khususnya guru fikih MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar untuk penelitian ini secara praktis diharapkan berguna sebagai bahan pertimbangan dalam menyususn rencana pembelajaran fikih berikutnya. Bagi siswa dapat menjadi bahan kajian untuk meningkatkan prestasi belajar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, sumber datanya didapat melalui 3 unsur yaitu data primer dan data sekunder, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan atau keikutsertaan peneliti, peningkatan ketekunan atau keajegan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) dalam proses pembelajaran guru fikih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Guru dalam peningkatan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran, biasanya guru menggunakan tahap evaluasi yaitu, evaluasi tertulis maupun lisan. Tidak hanya dengan mengunakan evaluasi biasanya guru juga mengadakan presentasi maupun ulangan harian. (2) afektif yang dilakukan oleh guru fikih adalah dengan pembentukan sikap peserta didik tidak difokuskan pada seorang guru saja melainkan orang tua juga punya kehendak, karena orang tualah yang mengerti peserta didiknya. pembentukan sikap harus ada motivasi belajar. (3) psikomotor yang dilakukan guru fikih MTs Ma’arif Udanawu Blitar adalah dengan proses pembelajaran seorang guru dalam mengajar peserta didik agar mudah untuk memahami materi perlu di sertakan dengan contoh-contoh yang ada di sekitar lingkungan dan pembelajaran bisa terarah sesuai dengan tujuannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143436 NAIMATUL MASFIYAH
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:58
Last Modified: 30 Jul 2018 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item