IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REVISI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 1 KRADINAN PAGERWOJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

ANISA BADIATUR ROHMAH, 2811133035 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REVISI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 1 KRADINAN PAGERWOJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (371kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Anisa Badiatur Rohmah. NIM. 2811133035. jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Fathul Mujib, M. Ag. Kata Kunci: Kurikulum 2013 Revisi, Mata Pelajaran PAI. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Peranan kurikulum dalam pendidikan formal di Sekolah Dasar (SD) sangatlah strategis dan menentukan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses implementasi kurikulum, khususnya Kurikulum 2013 Revisi. Di dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 Revisi memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum k13 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Berdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengdakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Skripsi dengan judul Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Desian pembelajaran PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 ?. (2) Bagaimana langkahlangkah pembelajaran PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 ? (3) Bagaimana evaluasi Kurikulum 2013 Revisi Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 ? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan Desian pembelajaran PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Untuk mendiskripsikan evaluasi Kurikulum 2013 Revisi Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Desian pembelajaran PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung berupa perencanaan yang dilakukan sekolah dan guru PAI di SDN I Kradinan: Kebijakan sekolah dalam perencanaan Kurikulum 2013 Revisi adalah mengikut sertakan guru dalam beberapa diklat dan pelatihan Kurikulum serta melakukan pemantauan pada kegiatan mengajar guru. Perencanaan Guru dalam pembelajaran PAI Kurikulum 2013 Revisi yaitu Menyiapkan perangkat pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, Metode/strategi Pembelajaran, sumber belajar, Materi pembelajaran, KD dan KI, Merumuskan sumber belajar dan Media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. (2) Langkah-langkah pembelajaran PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung berupa Strategi sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum dan langkah-langkah guru dalam Pembelajaran PAI. Strategi sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi yaitu Kegiatan monitoring, pembagian jam mengajar, dan pemenuhan sarana prasarana sekolah. langkah-langkah guru dalam Pembelajaran PAI menggunakan Teknik dan Metode Kooperatif Teknik Numbered Heads Togethers (NHT). Media yang digunakan adalah lembar kertas, leptop, LCD Proyektor, dan gambar. Tahapan pembelajaran dengan menciptakan lingkungan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), gerakan Literasi, HOTS dan 4C. (3) Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 1 Kradinan Pagerwojo Tulungagung: Guru menggunakan penilaian tes dan non tes. Tes digunakan waktu sebelum, ditengah dan sedang pembelajaran berlangsung, setelah itu digunakan tes formatif tes ulangan harian, tengah semester dan tes sumatif berupa ulangan semester. Penilaian pengetahuan berdasarkan tugas yang diberikan, UH, UTS, dan UAS. Penilaian Ketrampilan berdasarkan penampilan siswa ketika mempresentasikan materi di kelas. Guru melakukan penialain sikap religius yang dinilai dari penilaian siswa dalam berdoa awal pembelajaran, sholat duhur berjamaah. Sikap sosial siswa saat berdiskusi ketika pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133035 ANISA BADIATUR ROHMAH
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:31
Last Modified: 06 Aug 2018 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8565

Actions (login required)

View Item View Item