IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG

LINDA NING PITASARI, 1725143159 (2018) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (633kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Identifikasi Kesulitan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Peserta Didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Linda Ning Pitasari, NIM. 1725143159, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata kunci : Identifikasi, Kesulitan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sering kali peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, terlebih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik disebabkan oleh berbagai faktor. Kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik harus diketahui oleh guru mata pelajaran, kemudian mencari solusi yang tepat serta mengatasi kesulitan belajar tersebut agar tercapai tujuan pendidikan seoptimal mungkin. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apa saja jenis kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? 2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? 3) Bagaimana strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis jenis kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. 2) Untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. 3) Untuk menganalisis strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari guru SKI kelas IV, Wali kelas IV, Kepala Madrasah dan peserta didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tes awal digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman peserta didik terhadap materi SKI dan untuk menentukan subjek penelitian. Observasi digunakan untuk memperoleh data bagaimana kegiatan pembelajaran guru dan keaktifan peserta didik. Wawancara digunakan untuk menggali data tentang peserta didik. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang dokumen madrasah dan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam proses pembelajaran SKI. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian: 1) Jenis kesulitan belajar pada mata pelajaran SKI peserta didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung yaitu, kesulitan dalam memusatkan perhatian, kesulitan menghafal nama tokoh, tahun dan tempat terjadinya peristiwa sejarah, dan jenuh dalam belajar. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI peserta didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung yaitu faktor dari diri peserta didik itu sendiri (intern) dan faktor yang berasal dari luar (ekstern) 3) Strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran SKI peserta didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung yaitu melakukan melakukan bimbingan belajar, penataan ruang kelas, metode belajar yang bervariasi, memberikan kebiasaan untuk mengadakan kuis sebelum dan sesudah pembelajaran SKI, memotivasi peserta didik, mengadakan remidial dan mendatangkan orang tua. Skripsi ini bermanfaat bagi guru SKI kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam mengetahui faktor-faktor penyebab dan jenis kesulitan belajar serta mencari solusi untuk mengatasi kesulitan belajar. Bagi peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung sebagai bahan renungan untuk memperbaiki belajarnya sehingga prestasi belajar meningkat. Bagi para peneliti lain sebagai bahan referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143159 LINDA NING PITASARI
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:44
Last Modified: 31 Jul 2018 01:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8570

Actions (login required)

View Item View Item