PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA KELAS VIII PADA MATERI PYTHAGORAS DI SMP NEGERI 1 NGUNUT

DEWI PRASTYAWATI, 1724143076 (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA KELAS VIII PADA MATERI PYTHAGORAS DI SMP NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemahaman Konseptual Siswa Kelas VIII pada Materi Pythagoras di SMPN 1 Ngunut”ini ditulis oleh Dewi Prastyawati, NIM.1724143076, Pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: problem solving, kemampuan pemahaman konseptual, pythagoras. Pembelajaran yang hanya transfer of knowledge saja yang berakibat pada rendahnya kemampuan pemahaman siswa. Oleh karena itu perlu ada perubahan dalam memilih pendekatan pembelajaran dalam materi pythagoras. Diharapkan dengan melalui langkah-langkah problem solving dapat membantu siswa memahami fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip matematika dengan menyajikan ilustrasi dan realisasinya sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konseptual siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemahaman konseptual siswa kelas VIII pada materi pythagoras di SMP Negeri 1 Ngunut. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemahaman konseptual siswa kelas VIII pada materi pythagoras di SMP Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut yang berjumlah 388 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling, dengan kelas VIII H sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Wawancara; 2) Observasi; 3) Tes; 4)Dokumentasi. Instrumen penelitian tesberupa post-test untuk mengukur kemampuan pemahaman konseptual. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemahaman konseptual, dibuktikan dangan rata-rata hasil kemampuan pemahaman konseptual siswa kelas eksperimen sebesar 86.35 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 79.64 dan hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 2.897 dengan signifikansi 0,005. 2) besarnya pengaruh pendekatan problem solving terhadap pemahaman konseptual siswa kelas VIII pada materi pythagoras di SMPN 1 Ngunut adalah sebesar 0,80 dan dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 79% yang tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143076 DEWI PRASTYAWATI
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:39
Last Modified: 10 Aug 2018 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8574

Actions (login required)

View Item View Item