PENILAIAN AUTENTIK PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM KURIKULUM 2013 SISWA KELAS VIII-4 DI MTsN 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

ZULFATURROHMAH, 1721143432 (2018) PENILAIAN AUTENTIK PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM KURIKULUM 2013 SISWA KELAS VIII-4 DI MTsN 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Penilaian Autentik Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam Kurikulum 2013 Siswa Kelas VIII-4 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar” ini ditulis oleh Zulfaturrohmah, NIM. 1721143432, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih dijumpai guru al-Qur’an alHadist yang menilai hanya sebagai formalitas, menilai siswa hanya sekedarnya. Padahal jika mengacu pada penilaian kurikulum 2013 terdapat banyak macammacam penilaian autentik, diantaranya: penilaian autentik aspek afektif , penilaian aspek kognitif, penilaian aspek psikomotorik. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang penilaian autentik guru Al-Qur’an Hadist dalam evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 siswa kelas VIII-4 di MTs Negeri 1 Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana penilaian autentik afektif pembelajaran al-Qur’an al-Hadist dalam kurikulum 2013 siswa kelas VIII- 4 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar? 2. Bagaimana penilaian autentik kognitif pembelajaran al-Qur’an al-Hadist dalam kurikulum 2013 siswa kelas VIII- 4 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar? 3. Bagaimana penilaian autentik psikomotorik pembelajaran al-Qur’an al-Hadist dalam kurikulum 2013 siswa kelas VIII-4 di Madrasah Negeri 1 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterprestasikan. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, penilaian autentik aspek afektif (spiritual dan sosial) yang digunakan di MTs Negeri 1 Blitar sesuai dengan Permendikbud tetapi tidak bertentangan dengan permenag tedalam penerapannya guru al-Qur’an al-Hadist menggunakan tehnik observasi dan jurnal. Kedua, penilaian autentik aspek kognitif (pengetahuan) yang digunakan di MTs Negeri 1 Blitar sesuai dengan Permendikbud dalam penerapannya guru al-Qur’an al-Hadist menggunakan tehnik tes tulis dan tes lisan hal ini digambarkan untuk tehnik tes tulis digunakan untuk mengevaluasi siswa dengan melaksanakan ulangan harian sedangkan tes lisan digunakan diawal dan diakhir pembelajaran kalau diawal pembelajaran untuk mengapersepsi pelajaran minggu lalu, diakhir pembelajaran untuk memantapkan pembelajaran .Ketiga,penilaian autentik aspek psikomotorik (keterampilan) yang digunakan MTs Negeri 1 Blitar sesuai dengan Permendikbud dalam penerapannya guru al-Qur’an al-Hadist menggunakan tehnik praktik, proyek dan portofolio.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143432 ZULFATURROHMAH
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:11
Last Modified: 01 Aug 2018 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8581

Actions (login required)

View Item View Item