IRMA FITRI ZUHDIAH, 1725143131 (2018) IMPLEMENTASI CHARACTER BUILDING DI MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (371kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (102kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (263kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Character Building di MIN Sumberjati Kademangan Blitar” ditulis oleh Irma Fitri Zuhdiah, NIM 1725143131 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi, Character Building, dan Pendidikan Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas bahwa karakter anak bangsa saat ini memang mengalami penurunan, jauh dari yang diharapkan oleh orang tua dan sangat patut diperhatikan. Dapat ditelusuri bagaimana karakter anak bangsa saat ini sangat lemah. Contoh dalam dunia pendidikan, antara lain: kebiasaan menyontek saat ujian, tawuran antar pelajar, merokok, kekerasan terhadap teman, pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obatan, penculikan terhadap remaja maupun anak dibawah umur, aksi pornografi dan pornoaksi, pelecehan seksual, dan masalah-masalah kesenjangan sosial yang terjadi saat ini. Fokus penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana penerapan pembentukan karakter di MIN Sumberjati?; (2) Bagaimana peran warga madrasah terutama guru dalam pembentukan karakter di MIN Sumberjati?; dan (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter di MIN Sumberjati?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan secara mendalam tentang penerapan pembentukan karakter di MIN Sumberjati; (2) Untuk mendiskripsikan secara mendalam tentang peran warga madrasah terutama guru dalam pembentukan karakter di MIN Sumberjati?; (3) Untuk mendiskripsikan secara mendalam tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter di MIN Sumberjati. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian studi kasus (case studies), yaitu studi kasus di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Pengumpulan data menggunakan: wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Untuk menentukan informan dalam penelitian ini digunakan teknik snow ball sampling. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan/keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal bahwa: Pertama, penerapan pembentukan karakter di MIN Sumberjati dilakukan melalui hal-hal berikut, di antaranya: pembiasaan ubudiyah dan akhlakul karimah perilaku-perilaku keagamaan, pemberian tugas-tugas latihan, penanaman karakter, praktek karakter secara riil baik dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah, penerapan terstruktur seperti yang dicanangkan Kemendiknas, dan pengajaran melalui mata pelajaran secara khusus yaitu dengan mata pelajaran Akidah Akhlak dan PKn. Kedua, peran warga madrasah terutama para guru MIN Sumberjati dalam pembentukan karakter adalah guru berperan sebagai, di antaranya: sebagai pembangkit minat siswa, pengembang ketrampilan sosial anak didik, motivator karakter anak didik, pembentuk karakter anak didik, model atau suri tauladan anak didik, pemantau karakter anak didik, pemberi teguran atau peringatan terhadap karakter anak didik, pendukung karakter anak didik, pendamping dan pengarah karakter anak didik, observator atau orang yang mengobservasi karakter anak didik, pendidik dan pengajar karakter anak didik terutama melalui mata pelajaran Akidah Akhlak dan PKn, dan pembimbing karakter anak didiknya. Ketiga, beberapa faktor pendukung pembentukan karakter di MIN Sumberjati di antaranya: adanya fasilitas yang memadai, adanya pembimbing karakter dari luar sekolah yang kompenten, adanya Sumber Daya Manusia atau SDM masing-masing guru, adanya pengawasan dan pembinaan para guru, adanya budaya yang mengakar di MIN Sumberjati yang berbasis ubudiyah dan akhlakul karimah, adanya keteladanan para guru, adanya modal sifat pembawaan siswa sendiri dan praktek riil dari para guru. Sedangkan faktor-faktor penghambat pembentukan karakter di MIN Sumberjati antara lain: pengkondisian siswa yang sulit dikondisikan, realitas yang dibangun di madrasah berbeda dengan yang dibangun di lingkungan rumah, pengaruh-pengaruh sinetron yang tidak mendidik, keterbatasan pantauan guru yang tidak maksimal, sifat pembawaan siswa-siswi dan faktor didikan orang tua di rumah yang kurang berkarakter.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Kesejahteraan Sosial Masyarakat Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143131 IRMA FITRI ZUHDIAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 07:05 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8584 |
Actions (login required)
View Item |