MEGA BINTARI CAHYANINGSIH, 1725143173 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN DI MI AL FALAH SUKOWIDODO, KARANGREJO, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (880kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (411kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (635kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (124kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (236kB) |
Abstract
ABSTRAK Mega Bintari Cahyaningsih, 1725143173, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter yang harus dimiliki setiap manusia, utamanya para pemuda generasi bangsa dan dalam hal pendidikan adalah peserta didik. Dari ribuan tahun yang lalu, Nabi Muhammad SAW, filsuf Socrates, dan para tokoh pendidikan seperti Klipatrick, Lickona, dan Goble telah menyadari pentingnya pendidikan karakter. PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 4, Visi Pembangunan Jangka Panjang (PJP) Tahun 2005-2025, dan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Bab II Pasal 3 menyebutkan bahwa bangsa Indonesia haruslah berkarakter. Ditambah dengan banyaknya tantangan yang harus dihadapi sekarang ini seperti: krisis moral, ketauladanan, krisis sosial, dan lain sebagainya. Pendidikan karakter membutuhkan dasar yang kokoh, sedangkan Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam yang di dalamnya banyak mengandung pendidikan karakter. Pendidikan karakter harus dilaksanakan sedini mungkin. Maka lembaga pendidikan tingkat dasar khususnya lembaga pendidikan Islam harus mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an. Fokus masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung? (3) Bagaimana pengendalian pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan pengendalian pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan serta ditinjau dari segi sifat-sifat datanya dan tujuan mendapatkan gambaran mendalam dan utuh tentang suatu kasus implementasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan meliputi: (1) dokumentasi, (2) catatan arsip, (3) wawancara, (4) pengamatan langsung, (5) pengamatan non-partisipan, dan (6) artefak fisik. Teknik pengumpulan menggunakan menggunakan banyak sumber data, menciptakan database studi kasus, dan memelihara rantai data. Analisa data menggunakan pola pembangunan penjelasan yang terdiri dari elemen penjelasan, sifat alami yang berulang, dan masalah potensial. Dan untuk menguji keabsahan data dilakukan uji kepercayaan, pemeriksaan tulisan, kesepakatan, dan keteralihan. Hasil penelitiannya adalah (1) perencanaan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung dilakukan dengan menyusun kurikulum karakter Qur’an kecakapan ubudiyah dan akhlakul karimah, silabus serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Rencana Aksi Madrasah (RAM). (2) Aplikasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung dilakukan melalui integrasi mata pelajaran keagamaan Islam dan umum (Kelompok A), integrasi muatan lokal (kelompok B), integrasi ekstra/pengembangan diri (Kelompok C), dan pembiasaan-pembiasaan yaitu: pembinaan makharijul huruf dan tajwid, tahfidz Al-Qur’an juz 30, green education, santunan anak yatim, dzikir jama’i, dan sholat berjama’ah (sholat Dhuhur dan sholat Dhuha). (3) Pengendalian pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di MI Al Falah Sukowidodo, Karangrejo, Tulungagung meliputi: menyusun serta melaksanakan tata tertib, melakukan penilaian pembelajaran autentik, pembiasaan istighosah, yasin, dan tahlil, pembiasaan good morning students, pembiasaan kultum, dan pengendalian oleh peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143173 MEGA BINTARI CAHYANINGSIH |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 07:22 |
Last Modified: | 01 Aug 2018 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8595 |
Actions (login required)
View Item |