PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST DI MTSN 1 TULUNGAGUNG

AYU ZAHRO BAQIYATUS SHOLIKAH, 1721143082 (2018) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (117kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Di MTsN 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Ayu Zahro Baqiyatus Sholikah, NIM. 1721143082. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I, NIP. 19720115 199903 2 002. Kata Kunci: Metode Resitasi, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya dalam memahami pentingnya metode resitasi karena guru dalam penyampaian materi hanya menggunakan metode yang monoton, akibatnya siswa akan malas belajar dan hasil belajar akan menjadi rendah maka dari itu dibutuhkan metode resitasi untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajarnya. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh metode resitasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MTsN 1 Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MTsN 1 Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an hadist di MTsN 1 Tulungagung ? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui metode resitasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an hadist di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian expostfacto yang berjenis penelitian korelasional dengan mengambil sampel 33 siswa menggunakan penarikan sampel dengan teknik stratified random sampling. Sumber data: responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS for Windows 21.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode resitasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al qur’an hadist di MtsN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukan dengan nilai p value/ signifikansi t untuk variabel metode resitasi terhadap motivasi belajar adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung = 5,993 > ttabel = 2,093 berarti H0 ditolak. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al qur’an hadist di MTsN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukan dengan nilai p value/ signifikansi t untuk variabel metode resitasi terhadap hasil belajar adalah 0,083 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,083 < 0,05) dan nilai thitung = 2,163 > ttabel = 2,093 berarti H0 ditolak.. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al qur’an hadist di MtsN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukan hasilnya dari metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar dengan nilai p value/ signifikansi t untuk variable metode resitasi terhadap motivasi belajar adalah 0,020 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,020 < 0,05) dan nilai Fhitung = 4,445> Ftabel = 3,32 berarti H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143082 AYU ZAHRO BAQIYATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:45
Last Modified: 01 Aug 2018 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8614

Actions (login required)

View Item View Item