POLA ASUH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

JAMI’ATUN NIKMAH, 1721143192 (2018) POLA ASUH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pola Asuh Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kedisiplinan dan Kepribadian Siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Jamiatun Ni’mah, NIM. 1721143192, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah. M.Pd. Kata Kunci: Pola Asuh Guru, Kedisiplinan, Kepribadian. Penelitian dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang semakin majunya dan semakin banyaknya kalangan pelajar yang banyak melanggar baik moral maupun peraturan. Baik di masyarakat maupun di lingkungan sekolahan. Dalam hal ini, salah satu yang berperan dalam membentuk kedisiplinan maupun kepribadian dilingkugan sekolah yaitu Guru PAI, karena merekalah yang mempunyai tugas utama untuk membentuk generasi selanjutnya menjadi generasi yang berakhlakul karimah yang berpedoman Al-Qur’an dan Hadist. Dan melihat saat ini kebanyakan orang tua mempercayakan seluruh pendidikan anak kepada guru terutama guru PAI. Oleh karena itu proses pembelajaran guru PAI sangat berpengaruh pada pola asuh Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian siswanya. Guru PAI harus mempunyai cara pola pengasuhan yang tepat untuk pembentukan kedisiplinan dan kepribadian siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1 ) Bagaimana Pola Asuh Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian contentious (jujur) siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (2)Bagaimana Pola Asuh Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian responsible (tanggung jawab) siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (3)Bagaimana Pola Asuh Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian intelegent (cerdas) siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui Pola Asuh Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian contentious (jujur) siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui Pola Asuh Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian reliable (tanggung jawab) siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui Pola Asuh Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian intelegent (cerdas) siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga menggunakan pengecekan keabsahan data diantaranya perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian yaitu: (1) Pola Asuh Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian contentious (jujur) siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yaitu Pemberian buku TATIB kepada siswa, Pemeriksaan Tata tertib, Mendidik dengan sikap teladan guru, Membimbing dengan nasehat, Membudayakan kegiatan religius maupun ekstrakulikuler (Pemilihan bakat religius, Mendidik siswa dengan pembekalan religius, Membudayakan penggunakan seragam muslim dan berjilbab, Pembiasaan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), Pembiasaan sebelum pembelajaran dimulai dan literasi, Aktif dalam peringatan PHBI), Pertemuan wali Murid pada tiap akhir semester. (2) Pola asuh guru PAI dalam membentuk kepribadian Responsible (tanggung jawab) siswa yaitu: Pembiasaan dalam pemberian tugas, Membudayakan penggunakan seragam muslim dan berjilbab, Pembiasaan Infaq hari jumat, Pengecekan peralatan belajar siswa. (3) Pola asuh guru PAI dalam membentuk kepribadian Intelegent (cerdas) siswa yaitu: Mendidik dengan Pendidikan PAI, Membimbing dengan pembuatan kelompok, Membuat standar Penilaian yang disetujui oleh siswa, Pembuatan Grup di sosial media Whats app.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143192 JAMI’ATUN NIKMAH
Date Deposited: 09 Aug 2018 01:34
Last Modified: 09 Aug 2018 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8618

Actions (login required)

View Item View Item