PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAKEL TULUNGAGUNG

ULFA CHANIFATUL ‘ULUM, 1721143401 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (888kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa Chanifatul ‘Ulum, NIM. 1721143401, 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung”, Program S1, program Studi PAI, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci : Motivasi belajar, Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Dalam mencapai suatu tujuan pendidikan, seseorang memerlukan sebuah motivasi atau dorongan. Motivasi merupakan sesuatu yang ada dalam diri seseorang, yang mendorong orang tersebut untuk bersikap dan bertindak guna mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan motivasi belajar terdiri dari dua macam, yaitu motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik. Kedua hal tersebut sama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam proses belajar. Berdasarkan permasalahan itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Adakah pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung?, 2) Adakah pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung?, dan 3) Adakah pengaruh motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yang diambil taraf kesalahan 25% dari 179 yaitu 45 siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk mengetahui motivasi belajar siswa, sedangkan variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai UTS semester genap. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis Uji T dan teknik analisis Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung dibuktikan dengan t_hitung= 2.825 dengan konstribusi pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar PAI sebesar 29,6%, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung dibuktikan dengan t_hitung= 3.937 dengan konstribusi pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar PAI sebesar 38,8%, dan (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung dibuktikan dengan F_hitung= 19,823 dengan konstribusi pengaruh motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar PAI sebesar 32,2%,

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143401 ULFA CHANIFATUL ‘ULUM
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:43
Last Modified: 06 Aug 2018 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item