PEMANFAATAN BUKU AJAR AL-QUR’AN HADITS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 1 TRENGGALEK

Miftachus Sa'adah, 1721143232 (2018) PEMANFAATAN BUKU AJAR AL-QUR’AN HADITS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Buku Ajar Al-Qur’an Hadits Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Miftachus Sa’adah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM. 1721143232, Pembimbing Dr. H. Nur Kholis, M. Pd. Kata kunci : Buku Ajar, Sumber Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Al-qur’an hadits sebagai salah satu cabang penting Pendidikan Agama Islam memerlukan sumber belajar yang bagus. Dengan demikian dari sekian banyak sumber perlu dipilih satu yang dapat menjadi panduan dan rujukan utama dari proses pembelajaran sekaligus bermanfaat terhadap hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti mengaitkan buku ajar di sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 1 Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan buku ajar Al-qur’an hadits sebagai sumber belajar dalam pembelajaran di MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa di MAN 1 Trenggalek melalui pemanfaatan buku ajar sebagai sumber belajar? (3) Apa hal-hal yang menghambat dan mendukung hasil belajar siswa di MAN 1 Trenggalek? Skripsi ini bermanfaat bagi guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek sebagai acuan untuk memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar. Bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek sebagai bahan kajian dan pertimbangan untuk memilih sumber belajar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di MAN 1 Trenggalek, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan jalan menyelidiki dokumen-dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksimal yang dapat mengambarkan kondisi obyek yang diteliti dengan benar. Objek penelitian ini adalah buku ajar Al-qur’an hadits, dan hasil belajar siswa. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-qur’an hadits dan siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : Pemanfaatan buku ajar oleh guru dilakukan dengan perencanaan yang dimulai dari pembuatan RPP dan pencarian buku-buku yang relevan. Kemudian proses pemanfaatan oleh guru dan siswa dilakukan dengan menggunakan buku ajar Al-qur’an hadits sebagai sumber belajar siswa baik di dalam kelas maupun oleh siswa sendiri di rumah. Adapun dampak dari pemanfaatan buku ajar sebagai sumber belajar siswa adalah adanya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dilihat dari bertambahnya pengetahuan siswa, sikap mereka yang lebih baik dan keterampilan mereka yang lebih terasah. Hasil belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh hal-hal yang menghambat dan mendukung yang berasal dari guru maupun dari siswa, diantaranya kesiapan dan cara mengajar guru, penggunaan sarana dan prasarana, pemberian motivasi, kesiapan dan masalah pribadi siswa serta kebiasaan belajar dan lingkungan pergaulannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 1721143232 Miftachus Sa'adah
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:25
Last Modified: 02 Aug 2018 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8642

Actions (login required)

View Item View Item