IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DI MI HIDAYATUL MUBTADI'IN SATRIYAN KANIGORO

Lailatul Badriyah, 1725143148 (2018) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DI MI HIDAYATUL MUBTADI'IN SATRIYAN KANIGORO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi KPK dan FPB di MI Hidayatul Mubtadi’in Satriyan Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Lailatul Badriyah, NIM. 1725143148, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Identifikasi kesulitan, soal cerita, KPK dan FPB Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam permasalahan matematis, kurangnya pemahaman siswa tentang materi KPK dan FPB, alternatif yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa tentang pelajaran matematika. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan belajar matematika, 2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika, dan 3) alternatif yang digunakan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskripstif kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Satriyan Kanigoro Blitar dalam menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB yaitu a) kesulitan memahami soal cerita, kesulitan ini berada di kategori tertinggi; b) kesulitan penguasaan prinsip, kesulitan ini berada di kategori sedang; c) kesulitan penguasaan konsep, kesulitan ini berada di kategori rendah. 2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Satriyan Kanigoro Blitar mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB yaitu: a) faktor intern, yaitu (1) siswa kurang mampu mengubah permasalahan yang berbentuk cerita ke dalam permasalahan matematis; (2) siswa kurang mampu memahami jalan cerita pada soal yang berbentuk soal cerita; (3) siswa belum memahami konsep KPK dan FPB; (4) siswa tidak berani bertanya kepada guru apabila belum paham; (6) siswa kurang menyukai pelajaran matematika; (7) siswa tidak meneliti kembali hasil jawabannya sebelum dikumpulkan; b) faktor ekstern yaitu (1) suasana kelas yang gaduh pada saat pembelajaran berlangsung; (2) kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua. 3) Upaya atau alternatif yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB yaitu guru meminta siswa untuk menghafal perkalian dan pembagian karena materi KPK dan FPB berkaitan dengan perkalian dan pembagian. Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang mnegalami kesulitan belajar. Guru membantu siswa memahami soal yang berbentuk cerita. Guru juga memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat belajar sehingga siswa mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 1725143148 Lailatul Badriyah
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:20
Last Modified: 13 Aug 2018 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8664

Actions (login required)

View Item View Item