SITI NUR ROHMAH, 2817123154 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTREGATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN JINTEL I REJOSO NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (407kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (233kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (476kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (138kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Circ (Cooperative Intregated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN Jintel I Rejoso Nganjuk ini ditulis oleh Siti Nur Rohmah, NIM. 2817123154, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Cooperative Intregated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Jintel I Rejoso Nganjuk yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe circ. Penggunaan model kooperatif tipe circ dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circ dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi membaca intensif kelas IV SDN Jintel I Rejoso Nganjuk? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe circ dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca intensif peserta didik kelas IV SDN Jintel I Rejoso Nganjuk? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circ mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca intensif pada kelas IV SDN Jintel I Rejoso Nganjuk (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe circ mata pelajaran bahasa Indonesia materi membaca intensif pada kelas IV SDN Jintel I Rejoso Nganjuk. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Jintel I Rejoso Nganjuk. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SDN Jintel I Rejoso Nganjuk. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Indonesia, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circ dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata tes akhir siklus I adalah 70,93 (55,17%.) sedangkan pada test akhir siklus II adalah 83,68 (89,65%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe circ dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SDN Jintel I Rejoso Nganjuk.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123154 SITI NUR ROHMAH |
Date Deposited: | 03 Aug 2018 03:08 |
Last Modified: | 03 Aug 2018 03:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8684 |
Actions (login required)
View Item |