Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar

Qolbiyah, Irma Maftuhah (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Prestasi Belajar Siswa, IPS. Latar belakang penelitian ini karena adanya permasalahan yang sering terjadi didalam proses pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPS, Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di MI/SD. Mata pelajaran ini dirasakan sebagai mata pelajaran yang kurang menarik bagi siswa dan membosankan karena cakupan dari materi ini sangat luas dan juga mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran yang banyak membutuhkan hafalan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti adalah memberikan pembelajaran yang menuntut siswa untuk saling bekerjasama dalam kelompoknya, sedangkan guru merupakan fasilitator dalam pembelajaran, sedangkan aktifitas belajar siswa disertai dengan perlombaan (game) yang menuntut siswa bersaing secara sehat dengan kelompok lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pelajaran IPS Materi Uang Siswa Kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar Tahun pelajaran 2013/2014. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi uang bagi siswa kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar tahun pelajaran 2013/2014 ? (2) Bagaimanakah Peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar tahun pelajaran 2013/2014 ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tounament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar tahun pelajaran 2013/2014. (2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK, adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, analisis data, pengecekan keabsahan data, indikator keberhasilan dan tahap-tahap penelitian. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) diterapkan pada siswa kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar mata pelajaran IPS materi uang. Langkah-langkah pembelajaran kooperratif tipe Team Games Tournament (TGT) yaitu menyampaikan materi, menempatkan atau membagi siswa kedalam tim, pembukaan, pengembangan, belajar kelompok, validasi kelas, turnamen dan penghargaan kelompok. 2) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar dalam pembelajaran IPS materi uang. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes awal (53,52) dengan ketuntasan belajar 41,17%, tes akhir pada siklus I (67,35) dengan ketuntasan belajar 52,94%, dan hasil tes akhir pada siklus II (86,76) dengan ketuntasan belajar 88,23 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 23 Oct 2014 02:06
Last Modified: 23 Oct 2014 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item