OKTAFIANI RAHAYU, 2811133212 (2018) KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN PUTRI SUNAN PANDANARAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Pondok Pesantren Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung”, ini ditulis oleh Oktafiani Rahayu, NIM. 2811133212. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M. Pd, NIP. 19720608 200212 1 001. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Mutu Pembelajaran, Pondok Pesantren. Kompetensi guru adalah kemampuan dan keahlian yang harus dimiliki dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab sebagai seorang guru, melalui pendidikan khusus atau pelatihan khusus untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik.Mutu pembelajaran merupakan kemampuan yang harus di penuhi oleh setiap lembaga pondok termasuk pesantren. Pesantren yang bermutu akandiminati oleh masyarakat. Pesantren yang bermutu mempunyai daya saing yang tinggi.Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di pesantren diperlukan kompetensi profesionalisme yang harus dimiliki oleh masing-masing guru di Pondok Pesantren Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung. Berdasarkan konteks penelitian tersebut dapat ditarik permasalahan tersebut melalui: (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana kompetensi sosial guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung? (4) Bagaimana kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung? Agar penelitian tersebut dapat diselesaikan dengan baik dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Untuk mengujikan keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajekan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Pandanaran yaitu: a. Guru dapat membuat rancangan pembelajaran, b. Adanya persiapan yang matang sebelum dan sesudah proses kegiatan belajar mengajar, c. Pemahaman karakter setiap siswa, d. Penggunaan metode, pendekatan, maupun strategi, e. Evaluasi pembelajaran dengan cara tes satu persatu, (2) Kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Pandanaran yaitu: a. Memberikan suri tauladan bagi anak didiknya, b. Semua guru sangat disiplin ilmu dalam mengajar, c. Adanya peraturan yang wajib di taati, d. Adanya evaluasi yang berbentuk musyawarah bersama, e. Tanggung jawab terhadap pekerjaannya, (3) Kompetensi sosial guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Pandanaran yaitu: a. Guru dapat bersosialisasi dengan siswa secara langsung melalui proses pembelajaran dikelas, b. Adanya komunikasi yang baik antara sesama pendidik, kepala pondok, kepada peserta didik dan juga kepada wali murid, dan juga warga di sekitar pondok, c. Adanya sharing bersama antara para pendidik di sela-sela istirahat, d. Adanya komunikasi yang baik dengan warga di sekitar pondok, (4) Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Pandanaran yaitu: a. Adanya penguasaan materi oleh masing-masing guru, b. Penyampaian materi yang di sampaikan oleh masing-masing guru, dengan menggunakan berbagai variasi pembelajaran agar siswa antusias, c. Guru memiliki komitmen dalam meningkatkan mutu pembelajaran, d. Penggunaan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran ketika menyampaikan materi pembelajaran, e. Dalam menjalankan tugas sebagai seorang pendidik, guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik (bermutu).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133212 OKTAFIANI RAHAYU |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 02:29 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 02:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8704 |
Actions (login required)
View Item |